Musim Penghujan, Waspada DBD

image
Kadinkes Tuban, Saiful Hadi

kotatuban.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban mengimbau kepada masyarakat agar waspada terhadap penyakit Demam Berdarah Ddengue (DBD). Pasalnya, saat ini telah memasuki musim penghujan, dan penyakit yang disebabkan oleh nyamuk aidesagepti tersebut berkembangbiak pada genangan air hujan.

”Kita harus wasapada pada endapan air yang berada dilingkungan kita, sebab itu akan menjadi sarang berkembangbiaknya nyamuk. Sehingga akan berpotensi menimbulkan penyakit demam beradarah,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Tuban, Saiful Hadi saat ditemui kotatuban.com, Kamis (11/12).

Menurutnya, sebaiknya pada musim hujan seperti ini masyarkat harus waspada terhadap penyakit demam berdarah. Caranya, dengan melakukan 3 M, yakni menguras dan menutup tempat penampungan air, dan mengubur barang-barang bekas yang dapatmenimbulkan genangan air. Selain itu, selalu berkonsultasi pada pelayanan kesehatan, jika anggota keluarganya ditenggarai terserang penyakit.

” Dan jangan lupa kamar mandinya diberi abate untuk mencegah centik-centik nyamuk, sebab kamar mandi rawan dijadikan sarang nyamuk untuk berkembangbiak, apalagi sampai tidak dikuras,” terang pria jebolan fakultas kodekteran UNAIR Suarabaya tersebut.

Lebih lanjut Saiful mengatakan, penyakit lain yang patut diwaspadai saat musim hujan diantaranya, influinza, batuk, diare hingga penyakit kulit serta tipes. Hal itu terjadi lantaran perubahan cuaca seperti saat ini dimungkinkan banyak bakteri yang turun. ”Yang patut waspada masyarakat yang bertempat tinggal kawasan padat penduduk,” pungkasnya. (duc)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.