Tuban Kekurangan 247 Tenaga Medis

kotatuban.com-Kabupaten Tuban masih kekurangan 247 tenaga medis. Banyaknya sarana kesehatan berupa, Puskesmas dan Polindes yang tersebar di wilayah Tuban, ternyata belum diimbangi tenaga yang memadai.

Data yang didapat kotatuban.com dari Dinas Kesehatan(Dinkes) Kabupaten Tuban, kebutuhan tenaga mediis di Tuban adalah 864. Jumlah tersebut jika di hitung dengan standart dan jumlah penduduk Tuban masih s kurang yakni 247 tenaga medis.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban, Saiful Hadi mengatakan, jumlah tenaga medis atau tenaga kesehatan masih sangat minim, baik jumlah tenaga untuk bagian laboratorium, petugas farmasi,  dokter serta para tenaga medis lainnya.

“Memang kami sampai saat ini masih kekurangan tenaga medis, baik dokter maupun perawat untuk Puskesmas,” kata Saiful.

Namun demikian, lanjutnya, Dinkes tidak akan sembarangan untuk merekrut tenaga kesehatan demi memenuhi standart kebutuhan yang ada.

“Terkait ketenagaan, kita tidak bisa sembarangan, walaupun ada banyak lulusan dari pendidikan kesehatan di Kabupaten Tuban, kita tidak bisa langsung mengangkat begitu saja,” jelasnya.

Dikatakan Kepala Dinas, dalam setiap puskesmas saja tenaga yang dibutuhkan tak kurang dari lima tenaga medis, diantaranya tenaga perawat, tenaga Laborat,  bidan, penyuluh kesehatan hingga tenaga atministrasi.
“Bicara soal standart dan ideal, untuk satu puskesmas saja, idealnya ada patugass penyuluh kesehatan, perawat, tenaga laboraturium dan juga tenaga atministrasi, itu idealnya,” sebut Saiful.

Disinggung mengenai jumlah Puskesms rawat inap yang tersebar disembilan kecamatan di Tuban, yakni Puskesmas Kecamatan Jatorogo, Bangilan, Singgahan, Montong, Plumpang, Rengel, Soko, Tambakboyo dan Bulu.

Saiful meenegaskan, jumlah itu sudah sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan di Kabupaten Tuban tersebut dengan asumsi satu puskesmas memberikan pelayanan terhadap 30.000 pasien, termasuk puskesmas desa (non rawat inap).

“Satu Puskesmas itu melayani 30.000 warga, jadi cukuplah. Apalagi banyak juga Puskesmas rawat jalan untuk menyokong. Toh orang yang membutuhkan perawatan kesehatan tidak barengan,” katanya.

Untuk diketahui, dalam perekrutan tenaga pemerintah Kabupatenn Tuban tahun ini, Dinas Kesehatan hanya mendapatkan 9 tenaga, itupun satu tenaga adalah bagian atministrasi, masing-masing, 4 dokter untuk rumah sakit dan 4 medis di Puskesmas dan 1 tenaga administrasi. (kim)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.