Keterlibatan SDM Lokal Jadi Persyaratan Perijinan Investasi

kotatuban.com-Bupati  Tuban Fathul Huda mewajibkan investor yang berinvestasi di Tuban melibatkan sumberdaya manusia (SDM) lokal. Bahkan untuk memastikan keterlibatan SDM lokal, bupati akan menambahkan item tersebut dalam persyaratan perijinan untuk menjamin keterlibatan tenaga lokal.

Bupati Tuban Fathul Huda pada acara sosialisasi kebijakan penanaman modal dalam negeri
Bupati Tuban Fathul Huda pada acara sosialisasi kebijakan penanaman modal dalam negeri

“Kami menjamin tenaga lokal terlibat setiap aktifitas investor yang akan menanamkan modalnya di sini. Kalau perlu akan kami tambahkan item itu dalam persyaratan perijinan.  Kami juga membuka seluas-luasnya bagi  pemodal untuk berinvestasi di Tuban,” ujar Bupati Tuban, Fathul Huda, Kamis (5/3).

Bupati menyampaikan, untuk menunjang  pelayanan terhadap penanaman modal, Kabupaten Tuban juga teah mnyusun Peraturan Daerah (Perda) pendukung, diantaranya, Perda nomor 9 tahun 2012 rencana tataruang wilayah Kabupaten Tuban 2012-2013, Revisi Perda tentang penanaman modal, dan perda nomor 12 tahun 2012, yang mengatur pembentukan badan pelayanan perijinan terpadu.

“Selain Perda, fasilitas pendukung lainya yang kami siapkan, termasuk pembangunan jalur lingkar untuk mmemenuhi kebutuhan kelancaran lalullintasnya, ketersediaan lahan tempat usaha, dan juga pelabuhan khusus,” jelas Bupati Huda.

Dengan masuknya investor di Kabupaten Tuban, akan berdampak pada pergerakaan ekonomi masyarakat dan daerah. Peningkatan agregat Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) berdasar harga berlaku tahun 2013 yang mencapai 27.48 treliun rupiah,  petumbuhan ekonomi pada tahun 2013 mencapai 7,13 persen,  pendapatyan regional perkapita sebesar 21,30 juta. Peningkatan kinerj ekonomi tersebut telah memberikan kontribusi terhadap penurunan jumlah penduduk miskin dari 29 persen pada tahun 2011 menjadi 18 persen pada tahun 2013.

“Kami berharap masuknya investor di sini (Kabupaten Tuban) dapat mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat baik melalui penyerapan tenaga kerja dan bahan baku lokal, maupun program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR)-nya.

Sementara  terkait kesiapan masyarakat Tuban terhadap investor yang akan masuk Tuban, bupati menyampaikan, fihaknya yakin masyarakat Tuban telah siap dengan masuknya investor itu. “ informasi yang kami terima dari investor yang sudah menanamkan modalnya disini, Tuban paling kondusif. Ini menjadi bukti bahwa masyarakat kita sudah siap dengan kedatangan para investor ke Tuban,” paparnya. (kim)

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban