KIB Upaya Sadarkan Masyarakat Perduli Lingkungan

Rumah peduli lingkungan
Rumah peduli lingkungan

kotatuban.com – Keberadaan lingkungan kumuh yang menjadi ancaman keindahan dan keasrian kota bahkan kesehatan masyarakat perkotaan tak terkecuali Kota Tuban, menjadi permasalahan serius yang harus ditangani. Untuk itu, harus ada upaya penyadaran kepada masyarakat untuk hidup yang  berwawasan lingkungan.

Salah satu upaya penyadaran kepada warga untuk hidup berwawasan lingkungan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban melalui Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Tuban, yakni dengan mengadakan program Kampung Idaman Berseri (KIB).

”Program KIB ini selain untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat untuk memiliki gaya hidup yang berwawasan lingkungan. Selain itu, KIB ini juga sebagai penunjang untuk penghargaan adipura,” terang, Kabid Kelestarian dan Kemitraan BLH Kabupaten Tuban, Singgih Sunyoto, saat ditemui kotatuban.com diruang kerjanya, Kamis (18/11).

Untuk tahun 2015 ini ada 27 RT dari 17 kelurahan yang ada di Tuban yang mengikuti program KIB. Dari 27 RT yang menjadi perserta KIB tersebut didapatkan lima RT yang berhak mendapatkan juara. Yakni, lingkungan RT 02 RW 08 Kelurahan Perbon, RT 01 RW 01 Kelurahan Baturetno, RT 05 RW 06 Kelurahan Karang, RT 01 RW 3 Kelurahan Sukolilo, dan RT 03 RW 05 Kelurahan Gedungombo.

”Ada lima kelurahan yang masuk juara KIB pada tahun 2015 ini. Kelima juara tersebut berhak mendapatkan uang pembinaan dari Pemkab Tuban masing-masing sebesar Rp 5 juta,” ungkapnya.

Menurutnya, ada tujuh kriteria penilaian yang ditetapkan untuk KIB tersebut. Pertama menyangkut kelembagaan dan partisipasi masyarakat. Kedua, pengelolaan drainase. Ketiga pengelolaan jalan lingkungan. Ke empat pengelolaan lingkungan pemukiman. Ke lima pengelolaan sampah. Ke enam penghijauan lingkungan, dan terakhir pengelolaan Tanaman Obat Keluarga (Toga).

”Untuk menjadi juara KIB ketujuh penilaian tersebut harus terpenuhi. Rencanya, tiap tahunnya KIB ini akan terus kita laksanakan. Karena sebagai penunjang piala adipura,” ungkapnya.

Selain KIB, sebagai penunjang adipura lainnya yaitu adiwiyata. Perlombaan lingkungan untuk lingkungan sekolah ini juga sebagai penunjang adipura. Untuk tahun ini di Kabupaten Tuban ada 5 sekolahan tingkat SMA, 5 tingkat SMP, dan 7 tingkat SD.

”Untuk tingkat SMA yang mendapatkan peringat pertama MAN Tuban, terbaik kedua SMK TJP, terbaik ketiga SMAN 4 Tuban, dan terbaik kelima SMK YPM 12 Tuban,” ujar Singgih.

Sedangkan untuk tingkat SMP, lanjut Singgih mengatakan, juara pertama adiwiyata SMPN 5 Tuban, juara dua SMPN 1 Semanding, juara tiga SMPN 2 Widang, juara tiga SMPN 1 Kerek, dan juara kelima SMPN 1 Jenu. Sedangkan, untuk adiwiyata tingkat SD, peringkat pertama SDN Jadi 1 Semanding, peringkat SDN 1 Kutorejo Tuban, juara tiga SDN Katolik Santopertus, dan juara empat SDN 1 Prunggahan Kulon Semanding. Selain itu, juara lima SDN 2 Kingking Tuban, juara enam SDN 3 Tegalbang Palang, dan juara tujuh SDN 2 Sukolilo Tuban.

”Dengan adanya adiwiyata ini harapannya lingkungan sekolahan lebih nyaman dan para siswa dapat berwawasan lingkungan. Selain itu, untuk mewujudkan sekolah yang perduli dan berbudaya lingkungan,” pungkasnya. (*/duc)

 

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban