Kilang Tuban Harus Ciptakan Spesifikasi Naker Daerah

image
Sekda Tuban, Budi Wiyana

kotatuban.com-Rencana pembangunan kilang minyak di Tuban oleh PT Pertamina diharapkan mampu menjadi peluang lapangan kerja bagi putra daerah Tuban.

Pemkab Tuban akan mengusulkan ada pemberian pendidikan dan pelatihan bagi lulusan SMA dan sederjat di Tuban untuk emenuhi spesifikasi tenaga yang dibutuhkan saat kilang Tuban beroperasi.

“Kilang direncanakan beroperasi 2021.  Kami usulkan ada semacam rekrutmen tenaga bagi lulusan SMA dan sederajat yang kemudian mendapatkan pendidikan untuk memenuhi spesifikasi kebutuhan tenaga kerja saat kilang beroperasi,” ujar Sekertaris Daerah Kabupaten Tuban, Budi Wiyana, Sabtu (28/05).

Menurut Budi, model rekrutmen tenaga kerja semacam itu seperti yang dlakukan salah satu perusahaan di Kabupaten Tuban. Setelah melakukan perekrutan tenaga kerja lulusan SMA dan SMK sebelum perusahaan beroperasi dididik sesuai bidang yang dibutuhkan perusahaan.

“Artinya tenaga putra daerah itu harus menjadi prioritas. Jangan bilang jika di daerah, lantas tidak diutamakan. Perusaahaan harus didorong agar menciptakan spesifikasi tenaga dari putra daerah dengan cara melatihnya,” terang Budi.

Sayangnya kata Budi, sampai hari ini pemerintah daerah belum dilibatkan dalam koordinasi rencana pembangunan kilang minyak oleh pemerintah pusat. Sejauh ini pemerintah daerah baru mendapatkan informasi soal rencana pembanguan klang di Tuban, namun belum secara detail dan mendalam.

“Segera setelah Pertamina ada koordinasi akan kami usulkan. Setidaknya ada pelaithan bagi putra daerah untk memenuhi spesifikasi kebutuhan tenaga kerja perusahaan minyak itu,” pungkasnya. (kim)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban