Klenteng Kwan Sing Bio Primadona Wisata Tuban

kotatuban.com -Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kwan Sing Bio Tuban di Jalan RE. Martadinata, masih menjadi magnet bagi wisatawan, baik dari dalam maupun luar daerah Tuban. Banyak pengunjung yang datang sekedar iuntuk menikmati keindahan komplek klenteng dengan bangunan khas negeri china itu.

Banyak pengunjung yang datang untuk berfoto, mereka memnfaatkan beground bangunan maupun ornamen didalam lingkungan klnteng.

“Tempat ini memang cocok buat foto – foto, karena bangunannya indah,” terang Indah Lestari, salah satu warga Kecamatan Rengel yang ditemui di lokasi, Senin (28/11).

Didukung dengan lokasi yang strategis tepat di tepi jalan raya utama Pantura menjadi salah satu alasan pengunjung menyempatkan datang di klenteng itu. Apalagi masuk di dalam juga tidak dikenakan biaya.

“Akses jalannya mudah dan parkirnya luas, ini juga wista gratis,” lankut Indah ini.

Sementara itu, saat masuk pengunjung sudah disambut dengan replika hewan kepiting raksasa, dan itu menjadi ikon Klenteng. Di Indonesia sendiri, klenteng yang mengahadap ke laut utara cuma ada di Klenteng Tuban ini.

Selanjutnya, lebih ke dalam lagi terdapat dua patung singa yang sedang duduk, yang memiliki simbul sebagai kekuatan dan penjaga. Sedangkan, di atas altar klenetng depan terdapat hiasan sepasang Naga (Lung) dengan bola apinya.

Tak hanya itu, di sisi kanan bangunan klenteng utaman terdapat relief dari peta Negara Indonesia, China, bangunan tembok raksasa China dan Candi Borobudur. Sehingga, dilokasi tersebut sering menjadi jujukan para pengunjung untuk mengabadikan atau berfoto ria.

Saat berada di halaman belakang, terdapat bangunan yang begitu megah laksana istana kaisar China dengan gerbang, kolam dan jembatan penghubung. Bangunan yang cukup membuat mata terperana itu, sering digunakan sebagai panggung untuk pentas seni ala China. (kim)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban