Koarmada II TNI AL Rebut Kilang TPPI dari Asing

kotatuban.com – Komando Armada II (Koarmada) TNI AL melakukan latihan peperangan khusus di perairan utara PT Trans-Pacific Petrochemical Indotama (TPPI), Kamis (27/8).

Dalam pelatihan itu digambarkan kilang minyak milik TPPI di Tuban dikuasai pihak lain dan TNI Koarmada II bergerak untukmerebunya kembali.

Saat mendampingi Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda TNI, Heru Kusmanto, Management TPPI yang diwakili oleh Operation Director & COO TPPI Tuban, Erwin Widiarta seusai menggelar latihan mengatakan, pihaknya mendukung penuh seluruh kegiatan pelatihan khusus ini. Sebab, Kilang TPPI merupakan bagian objek vital nasional yang perlu dijaga bersama.

“TPPI merasa senang dipilih menjadi lokasi latihan TNI angkatan laut komando armada II tahun ini, dan menyambut baik kegiatan latihan tersebut, ” ungkap Erwin begitu disapa.

Sementara itu, Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda TNI, Heru Kusmanto menjelaskan, selama latihan khusus seluruh prajurit betul-betul menerapkan protokol kesehatan. Dalam latihan ini mengambil skenario adanya niat dari negara tertentu mengganggu kedaulatan NKRI dengan cara mencaplok pulau terluar.

Kemudian, prajurit mengimplementasikan dengan membangun sebuah tempat khusus yang dijadikan sebagai pangkalan logistik. Pangkalan tersebut digunakan sebagai tempat refuel kapal-kapal perang yg beroperasi di perbatasan NKRI.

“Maka Kopaska ditugaskan untuk melaksanakan operasi khusus menyabotase pangkalan logistik musuh tersebut,” bebernya.

Selanjutnya, sasaran-sasaran terpilih seperti dermaga, kilang minyak, ruang kontrol serta mengganggu kapal-kapal logistik musuh yang akan mensuplai bahan bakar minyak ke pulau tersebut. Tim yang diturunkan antara lain Tim Combat Diver. Tim ini diluncurkan dari kapal selam melalui tabung torpedo.

“Lalu tim ini menyelam menuju dermaga untuk menghancurkan dermaga serta objek vital di pangkalan logistik tersebut,” ujarnya.

Untuk Tim Combat Raiding Rubber Craft (CRRC) melaksanakan pengedropan perahu karet melalui udara. Pada koordinat tertentu di laut untuk mendapatkan area cegat terhadap kapal logistik musuh.

Atas dukungan dari pihak Pt TPPI, Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda TNI, Heru Kusmanto menyampaikan, terimakasih kepada Bupati Tuban dan perusahaan yang sudah membantu kegiatan latihan ini. Sehingga, latihan perang khusus ini dapat berjalan lancar. Disamping itu, lokasi perairan TPPI ini sangat ideal untuk latihan Kopaska.

“Kami ucapkan terimakasih karena didukung oleh rekan-rekan TPPI,” pungkasnya. (ims)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban