Komisi B Jamin Ketersediaan Pupuk Aman

image
Ketua Komisi C DPRD Tuban, Karjo

kotatuban.com-Petani di Kabupaten Tuban diminta tidak khawatrir dengan ketersediaan pupuk pada masa tanam tahun ini. Pasalnya Dinas Pertanian setempat telah mengalokasikan pupuk dengan jumlah cukup besar pada tahun ini.

“Alokasi pupuk tahun ini cukup banyak, dan tentunya pemerintah juga akan melakukan realokasi di bulan-bulan tertentu saat kebutuhan meningkat,” ujar Ketua Komisi B DPRD Tuban, Karjo usai melakukan hearing bersama Dinas Pertanian dan distributor pupuk bersubsidi di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Tuban.  

Menurut Karjo, ketersediaan pupuk sesuai Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) sudah cukup untuk musim tanam. Selain itu, petani penggarap lahan pesanggem yang sebelumnya tidak memiliki jatah sudah mendapatkan alokasi pupuk.

“Untuk penggarap lahan Perhutani (pesanggem) sekarang sudah diperhitungkan. Jadi kami menjamin tidak aka ada kelangkaan lagi kecuali ada yang bermain dalam proses distribusi pupuk ini,” jelas Karjo, Kamis (07/01).

Kebutuhan pupuk di Kabupaten Tuban tahun ini dialokasikan kurang lebih 48 ribu ton pupuk jenis Urea, 12 ribu ton pupuk SP36, 9 ribu ton pupuk ZA,  31 ribu ton NPK dan pupuk organik sekitar 19 ribu ton. Alokasi tersebut masih dapat bertambah menurut kebutuhan yakni dengan pengajuan realokasi.

Politisi dari PDIP itu berhara petani ikut melakukan pengawasan dengan aktif dan melaporkan jika ditemukan penyelewengan pupuk selain dari Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3) sendiri selaku penanggungjawab pengawasan.

Sementara itu disinggung terkait harga pupuk yang kerap berada diatas Harge Eceran Tertinggi (HET), pihaknya berjanji tidak akan membiarkan itu terjadi. Akan tetapi sejauh ini harga di atas HET masih dapat ditoleransi meski sebenarnya itu tetap tidak dapat dibenarkan.

“Kadang petaninya memahami, jika kelompok itu butuh juga ganti transport, jika hanya 2.000 sampai 5.000 saja kami kira masih maklumi. Intinya jangan terlalu jauh dari HET agar tidak membebani petani,” pungkas Karjo.(kim)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban