Komisioner KPUD Bakal ‘Nganggur’

Ketua KPUD Tuban, Kasmuri
Ketua KPUD Tuban, Kasmuri

kotatuban.com-Pasca keputusan DPR, gubernur, bupati dan wali kota dipilih oleh DPRD bakal membuat anggota KPUD banyak ‘nganggur’. Sebab, mereka hanya akan bertugas saat Pemilu Legeslatif dan presiden saja.

Menjawab pertanyaan tersebut, Ketua KPUD Kabupaten Tuban, Kasmuri, mengaku masih belum mengetahui bagaimana mekanisme pemilihan secara tidak langsung tersebut. Pihaknya akan menunggu petunjuk teknis dari pusat terkait aturan pelaksanaan pilkada secara perwakilan oleh DPRD tersebut.

“Jujur saja kami belum mengetahui bagaimana mekanisme selanjutnya pemilihan tidak langsung tersebut. Kami masih akan menunggu bagaimana petunjuk selanjutnya,” terang Kasmuri, ditemui kotatuban.com di kantornya, Jumat (26/9).

Ditambahkan, KPUD sebagai lembaga pelaksana konsitusi akan melaksanakan segala sesuatu yang telah diputuskan. Namun, bagaimana mekanisme terkait keutusan DPR itu, kemungkinan akan dirumuskan oleh KPU Pusat. Dan selanjutnya akan menjadi pedoman kerja KPU daerah.

“KPUD adalah pelaksana konstitusi, apapun keputusan dan bagaimana cara pelaksanaan pemilihan selanjutnya, tentu akan kami lakukan sebaik-baiknya,” jelas Kasmuri.

Terkait tugas KPUD yang nanti akan lebih ringan, Kasmuri mengaku, hal itu mungkin saja karena pemilihaan hanya akan dilaksanakan oleh perwakilan di DPRD. Meski begitu, dia kembali menyatakan masih akan menunggu intruksi dari KPU Pusat, terkait persiapan pelaksanaan Pilkada tidak langsung itu jika akan dilaksanakan.

“Lebih ringan atau tidak belum tahu juga, karena kami juga masih akan menunggu petunjuk dari pusat. Kan aturan itu baru diputuskan semalam,” imbuhnya.

Seperti diketahui dalam sidang paripurna DPR yang dilaksanakan di Jakarta, menetapkan pemilihan gubernur, bupati dan wali kota dilakukan DPRD, bukan dilakukan rakyat secara langsung lagi. (kim)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban