Konjen Jepang Resmikan Bantuan Pendidikan di Tuban

kotatuban.com – Konsulat Jenderal (Konjen) Jepang, Masaki Tani, didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tuban, Budi Wiyana, meresmikan Gedung MI Muhammadiyah 1 Karangagung, Palang, Rabu (21/7).

Bantuan yang diserahkan berupa 6 ruang kelas. Termasuk kelengkapan sarana pembelajaran.

Dalam sambutannya, Sekda Tuban Budi Wiyana menyampaikan, terima kasih kepada Konjen Jepang atas bantuan yang telah diberikan kepada masyarakat di Kabupaten Tuban selama ini. Bantuan ini sangat berarti mengingat saat ini Pemkab Tuban tengah menggiatkan penguatan SDM melalui sektor pendidikan dan kesehatan.

“Pemkab Tuban sangat mengapresiasi dan mendukung segala upaya peningkatan sdm di Bumi Wali,” kata Budi Wiyana.

Menurutnya, peningkatan kualitas pendidikan merupakan investasi guna meningkatkan kualitas SDM. Pemkab telah menganggarkan dana hibah bagi lembaga pendidikan.
Anggaran untuk pendidikan tiap tahun meningkat. Kurang lebih 20-25 persen dari total APBD Tuban.

Peningkatan kualitas pendidikan akan meningkatkan IPM masyarakat, karenanya harus didukung dari masyarakat maupun lembaga. Lembaga pendidikan negeri maupun swasta di berbagai tingkatan diharapkan ikut mendukung upaya peningkatan kualitas pendidikan di Bumi Wali.

Konjen Jepang, Masaki Tani, menyampaikan, terima kasih atas sambutan yang diberikan. Pemberian bantuan kepada lembaga pendidikan merupakan wujud etikad baik dari Pemerintah Jepang dengan Pemerintah Indonesia. Masaki Tani berharap bantuan yang telah diserahkan harus dirawat dan dimaksimalkan dengan sebaik mungkin. Harapannya murid-murid dapat belajar dengan lebih kondusif.

“Sehingga lahir generasi produktif yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Tuban,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua PD Muhammadiyah Tuban, H Nurul Yakin, mengungkapkan sebanyak 25 lembaga pendidikan dikelola Muhammadiyah Tuban. Salah satunya adalah STIE Muhammadiyah. Bantuan ini sangat mendukung usaha Muhammadiyah dalam upaya ikut peningkatan SDM di Kabupaten Tuban.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung upaya Muhammadiyah dalam rangka dakwah amar ma’ruf nahi mungkar,” pungkasnya. (rto)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban