Koperasi Diharapkan Jadi Soko Guru Perekonomian

Sarasehan koperasi di KSPKP Tuban
Sarasehan koperasi di KSPKP Tuban

kotatuban.com – Bupati Tuban Fathul Huda berharap koperasi yang ada di Kabupaten Tuban benar-benar mampu menjadi soko guru perekonomian. Sehingga, koperasi mampu menjadi tonggak utama untuk mengentaskan kemiskinan dan mensejahterakan masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Huda dalam sambutannya saat pembukaan sarasehan dalam rangka hari koperasi ke 68 tahun 2015 Provinsi Jawa Timur di gedung KSPKP Tuban Jalan Wahidin Sudirohusodo, Senin (15/06).

”Kami berterimakasih kepada Dinas Koperasi Provinsi Jawa Timur yang menggelar sarasehan dalam rangka peringatan hari koperasi di Tuban. Sehingga, kegiatan ini bisa sebagai sarana tukar pikiran oleh para penggerak koperasi,” terang, Bupati Huda dalam sambutannya.

Sehingga, lanjut Bupati Huda, dengan adanya peringatan hari koperasi di Tuban ini dapat membuat koperasi yang ada di Tuban bisa lebih maju lagi. Selain itu, koperasi yang ada di Tuban memiliki daya saing yang cukup tinggi.

”Koperasi di Tuban sebagian besar bidang usahanya adalah simpan pinjam. Sehingga, jika usahanya simpan pinjam akan kalah dengan dunia perbankan. Untuk itu, koperasi harus memiliki bidang usaha yang riil,” ungkapnya.

Menurutnya, usaha yang riil tersebut misalnya koperasi memiliki usaha peternakan sapi. Dengan peternakan sapi tersebut koperasi bisa mempekerjakan masyarakat, sehingga peternakan tersebut mampu mengurangi jumlah pengangguran dan membuka lapangan kerja.

”Prospek pasarnya daging sapi masih sangat bagus. Selain itu, sapi tidak hanya bisa dimanfaatkan dagingnya saja. Tapi, kotorannya juga dapat dimanfaatkan sebagai kompos. Sehingga, peternakan sapi ini mampu membuka berbagai sektor ekonomi,” pungkasnya. (duc)

 

 

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban