KPUD Sosialisasi Pemilu ke Siswa SMA

image
Sosialisasi pemilih pemula oleh KPUD Tuban

kotatuban.com-Puluhan pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) mengikuti sosialisasi pemilih pemula yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Tuban. Acara yang dilaksanakan di kawasan Rest Area Tuban tersebut untuk memberikan pemhaman terkait Pilkada pada pemilih pemula yang jumlahnya sekitar 20 persen dari jumlah DPT di Kabupaten Tuban.

“Sasara kami adalah anak-anak SMA yang merupakan pemilih pemula. Sosialisasi ini tidak hanya di sinisaja, tapi, juga diseluruh kecamatan kami juga melaksanakan kegiatan serupa melalui petugas KPU tingkat kecamatan,” ujar Komisioner KPUD Tuban, Divisi Sosialisasi Yayuk Dwi Agus Sulistyorini, Senin (26/10) di tempat acara.

Yayuk menjelaskan, sebagai pemilih pemua yang nanti akan menentukan nasib daerahnya, melalui calon kepala daerah yang mereka pilih, anak-anak diharapkan tidak mudah terbujuk rayuan politik uang. Selain itu juga memilih sesuai hati nurani dan memilih menurut penilaian visi misi calon kepala daerah.

“Kami juga mewanti-wanti agar mereka yang nantinya turut menentukan nasib daerah ini, memilih sesuai hati nurani dan memilih pemimpin yang baik, tidak menjual suara untuk politik uang,” terang Yayuk.

Sementara itu Noviatul Koiriyah salah seorang peserta sosialisasi mengaku, cukup mendapatkan informasi dari kegiatan tersebut. Remaja berusia 17 tahun dari salah satu SMK di Tuban ini juga mengaku lebih memahami tatacara memberikan suara dan proses pemilihan dari pendataan daftar pemilih, hingga proses pemungutan suara di TPS.

“Banyak informasi yang saya dapatkan dari kegiatan ini, salah satunya alur pemilu mulai dari tahapan-tahapan hingga pemungutan suara,”  kata Noviatul Koiriyah. (kim)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban