Laba Bersih Semen Indonesia Turun 21,6 Persen

Dirut PT SI, Suparni (ke 2 dari kiri) bersama Sekper PT SI, Agung Wioharto (kiri)
Dirut PT SI, Suparni (ke 2 dari kiri) bersama Sekper PT SI, Agung Wioharto (kiri)

kotatuban.com РLaba bersih PT Semen Indonesia (Persero) Tbk pada tahun 2015 ini mengalami penurunan 21,6 persen, dibandingkan dengan laba bersih pada tahun yang lalu dipriode yang sama. Laba bersih perusahaan semen plat merah itu pada tahun ini sebesar Rp 3,20 triliun, dibanding periode yang sama tahun 2014  sebesar Rp 4,08 triliun.

Direktur Utama Semen Indonesia, Suparni menjelaskan bahwa penurunan laba tersebut dipengaruhi oleh kenaikan beban pokok sebesar 6,5 persen. Antara lain kenaikan tarif listrik, beban penyusutan karena mulai beroperasinya beberapa fasilitas baru (kapitalisasi asset baru), beban raw material, nilai kurs yang berdampak kepada biaya pemeliharaan dan packaging (kertas kraft), serta kenaikan beban distribusi.

Meski mengalami penurunan penjualan hingga September 2015, Perseroan optimis kinerja penjualan semakin membaik pada Triwulan IV 2015 ini hingga tahun depan, karena banyaknya proyek infrastruktur yang mulai dikerjakan.

”Mulai Agustus 2015 kami mencatat kenaikan volume penjualan dalam negeri yang cukup signifikan. Trend kenaikan ini terus berlanjut hingga hari ini,” jelas Suparni.

Menurutnya, sejak Agustus 2015 unit produksi Perseroan baik di Padang, Gresik dan Tonasa mulai mencapai utilisasi maksimal. Perusahaan mulai memasok beberapa proyek infrastruktur baik yang dikerjakan oleh Pemerintah maupun Swasta di seluruh wilayah pemasaran. Antara lain proyek jalan tol, bendungan, property, dan proyek lainnya.

”Pada triwulan IV ini kita yakin penjualan akan semakin meningkat. Sehingga, dengan meningkatnya penjualan tersebut secara otomatis akan meningkatkan laba perusahaan,” pungkasnya. (duc)

 

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban