Lagi, Begal Motor Antar Provinsi Didor Petugas

image

kotatuban.com– Begal motor yang kerap beraksi di wilayah hukum Polres Tuban, terpaksa dilumpuhkan petugas dengan timah panas dibagian pinggangnya. Hal itu dilakukan petugas lantaran pelaku melakukan perlawanan menggunakan balok kayu dan senjata tajam saat akan ditangkap petugas.

Begal motor berinisial Ros, 40 tahun warga Desa Lodan Wetan, Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Pelaku sudah lama menjadi incaran petugas lantaran aksinya di berbagai daerah termasuk dengan jaringannya di luar pulau dan provinsi.

“Saat akan ditangkap, pelaku melawan petugas menggunakan balok kayu dan senjata tajam. Sehingga terpaksa  lumpuhkan, sebagaimana SOP yang ada,” ujar Kapolres Tuban, AKBP Guruh Arif Dharmawan, Rabu (1/4).

Guruh menjelaskan, penangkapan dan penggerebekan pelaku sendiri dilakukan oleh petugas pada Senin (30/3) kemarin, di rumah pelaku. Meski rumah sudah dikepung, pelaku berusaha menerobos pintu belakang rumahnya dan sempat berusaha menghantam petugas dengan balok kayu.

“Sempat berhadapan dengan petugas, tapi Alhamdulillah anggota kami tidak terluka,” sambung Kapolres.

Adapun penangkapan pelaku itu setelah petugas melakukan pengembangan dari tersangka sebelumnya yakni Mas, 35 tahun, yang juga dari daerah yang sama. Informasi dari Mas itulah kemudian mengarahkan petugas ke pelaku Ros.

“Sebelumnya kita tangkap pelaku lain berinisial Mas, yang kemudian menunjukan keberadaan temannya ini. Mereka ini merupakan komplotan dengan jaringan antar pulau,” terang Guruh.

Pelaku juga diketahu kerap beraksi diwilayah barat Kabupaten Tuban, yang berbatasan langsung dengan Jawa Tengah daerah asal mereka.

“Mereka kerap beroperasi di wilayah Kabupaten Tuban bagian barat. Makanya kami juga bekerjasama dengan kepolisian daerah lain untuk menangkap mereka,” imbuh Guruh.

Selain pelaku, petugas juga mengamankan 8 kendaraan bermotor, peralatan yang digunakan untuk mencuri berupa kunci leter T, senjata tajam dan balok kayu yang digunakan melawan petugas.

Kapolres menghimbau kepada masyarakat yang merasa kehilangan motor untuk mendatangi Mapolres Tuban guna memastikan kendaraan tersebut dengan barangbukti yang diamankan. (kim)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban