Lapas Tuban Sediakan Perpus untuk Warga Binaan

kotatuban.com – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tuban menyediakan perpustakaan untuk warga binaan. Secara rutin Lapas Tuban mendapatkan 400 buku yang setiap bulan diperbaharui oleh Dinas Perpustakaan Kabupaten Tuban.

Hal tersebut disampaikan Kasubsi Registrasi Wenda saat pergantian buku perpustakaan Lapas Tuban, Senin (27/1). “Setiap bulan refresh buku dari Dinas Perpustakaan, jadi warga binaan memiliki banyak literasi yang berbeda,” terang pria asal Magetan itu.

Menurutnya Lapas Tuban dan Dinas Perpustakaan telah menjalin kerjasama dalam hal tersebut sejak tahun 2009. Dalam rentang waktu satu dekade, setiap bulannya beragam buku yang mendidik telah dibaca oleh banyak warga binaan.

“Warga binaan juga bisa meminjam buku, sehingga bisa dibaca saat berada di kamar hunian,” ujarnya.

Sementara itu, petugas Dinas Perpustakaan Eko mengatakan sumber dana buku ini berasal dari APBD Kabupaten Tuban. Selain di Lapas Tuban, mobil perpustaan keliling yang digunakan juga melayani sekolah di pelosok Tuban.

“Banyak buku yang menarik kami berikan ke Lapas Tuban, seperti berlatih bercocok tanan, ataupun usaha. Kita berharap buku-buku yang ada di perpustakaan akan bermanfaat bagi warga binaan kelak setelah bebas,” pungkasnya. (rto) 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban