‎Pembangunan Tanggul Bengawan Solo, Tunggu Pembebasan Lahan

image
Joko Ludiono

kotatuban.com – Masyarakat yang tinggal dibantaran aliran Sungai Bengawan Solo harus lebih bersabar agar tidak kebanjiran disaat Sungai Bengan Solo tersebut meluap. Pasalnya, pembangunan tanggul pada Bengawan Solo masih belum akan dibangun pada waktu dekat.

Kepala Bandan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, Joko Ludiono saat dikonfirmasi kotatuban.com, Jumat (12/12) mengungkapkan, untuk bisa dimulainya pembangunan tanggul sepanjang 30 kilometer, yang melintasi Kecamatan Soko, Rengel, Plumpang, dan Widang tersebut masih menunggu pembebasan lahannya.

”Memang dari akhir tahun 2012 yang lalu Pemkab Tuban mendapatkan anggaran sebanyak Rp 40 milyar dari pemerintahan pusat. Namun, dana ini hanya untuk pembangunan fisik tanggul tersebut. Sedangkan, pembebasan lahan menjadi tanggungjawab Pemkab Tuban,” terang mantan Camat Grabakan tersebut.

Sedangkan saat ini, lanjut Joko, Pemkab Tuban masih membentuk tim pembebasan lahan untuk pembangunan tanggul tersebut. Tim ini nantinya akan menentukan harga tanah milik warga yang akan dibeli untuk pembangunan tanggul itu.

”Kita berharap kepala desa yang desanya dilewati pembangunan tanggul Bengawan Solo bisa membantu pembebasan lahan. Selain itu, masyarakat yang tanahnya akan digunakan untuk pembangunan tanggul itu juga mau menjualnya dengan harga yang telah ditentukan. Sehingga pembangunan tanggul itu bisa segera dibangun,” tandasnya. (duc)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.