‎Pemkab Tuban Akan Bangun Waduk di Boto

kotatuban.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban berencana membangun waduk di wilayah Desa Boto, Kecamatan Semanding. Rencana pembangunan waduk tersebut sebagai upaya menanggulangi bencana banjir diberbagai wilayah yang ada di Kabupaten Tuban, utamanya wilayah Merakurak, Jenu dan Kota Tuban. 

”Pembuatan waduk didaerah ini mejadi salah satu program prioritas Pemkab Tuban,” ungkap Bupati Tuban Fathul Huda, Rabu (22/03).

Menurutnya, waduk tersebut nantinya tidak hanya untuk menanggulangi bencana banjir di wilayah Kota Tuban, Merakurak, Jenu, dan beberapa wilayah lainnya. Namun, juga bisa untuk pengairan pertanian jika pada musim kemarau. Sehingga, bisa meningkatkan produktifitas petani. 

”Waduk ini nanti tidak hanya untuk menanggulangi banjir saja. Tapi bisa digunakan untuk pengairan pertanian saat musim kemarau. Bahkan, jika memungkinkan bisa juga digunakan untuk wisata,” ungkapnya.

Saat ini, lanjut Bupati Huda, pembangunan waduk tersebut masih menjadi kajian, terkiat besaran waduk dan kekuatan waduk tersebut. 

”Mudah-mudahan kajiannya terkait pembangunan waduk di wilayah Semanding ini segera selesai,” pungkasnya. (duc)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.