‎Siagakan Relawan, PMI Latihan Pertolongan Bencana

image

kotatuban.com – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tuban melakukan latihan pertolongan pertama kepada korban bencana. Latihan pertolongan terhadap korban bencana tersebut dilakukan di pantai Mangrove Center, Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Senin (23/02).

Komandan Relawan PMI Tuban, Ahmad Fauzi ketika dikonfirmasi kotatuban.com disela-sela kegitan menyatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk melatih para anggota PMI agar selalu siap siaga disaat menanggapi bencana. Selain itu, juga memberi wawasan tentang bahayanya bencana alam yang terjadi di lingkungan sekitar,  seperti banjir, tanah longsor, kebakaran, gempa bumi, puting beliung maupun tsunami.

”Tuban ini kan salah satu daerah yang rawan bencana mulai banjir, tanah longsong, maupun puting beliung. Anggota PMI ini kan rata-rata siswa tingkat SMA dan mahasiswa, sehingga anggota PMI dengan latihan ini kita berharap bisa tanggap dan tau apa yang harus dilakukan saat terjadi bencana dilingkungannya,” terang Fauzi.

Menurutnya, para nggota PMI selain dilatih untuk melakukan pertolongan pertama terhadap korban bencana, juga dilatih Assesment dan Menejemen posko bencana. Dalam latihan tersebut juga relawan dijak melakukan simulasi untuk melakukan pertolongan kepada korban bencana.

”Kami berharap para nggota PMI ini siap siaga dalam melakukan pertolongan terhadap korban bencana. Sehingga, nantinya jika sewaktu-waktu terjadi bencana tidak ada kejadian yang fatal,” pungkasnya. (duc

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.