11 Ribu Warga Tuban Buta Aksara

Kadisdikpora Tuban, Sutrisno
Kadisdikpora Tuban, Sutrisno

kotatuban.com – Sekitar 11 ribu orang dari satu juta warga masyarakat Kabupaten Tuban buta aksara atau tidak faham baca tulis. Data tersebut berdasarkan catatan dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tuban tahun 2014.

”Memang menurut data dari BPS masih ada sekitar 11 ribu warga masyarakat Tuban yang buta huruf. Warga yang buta huruf tersebut tersebar di 20 kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban,” terang, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Tuban, Sutrisno, saat dikonfirmasi kotatuban.com, Sabtu (27/09).

Menurutnya, sedangkan untuk kecamatan yang paling banyak terdapat masyarakatnya yang buta huruf adalah Kecamatan Kerek. Selain itu, untuk rata-rata usia yang mengalami buta huruf adalah usia antara 25 tahun sampai 60 tahun. ”Untuk jumlah detail ditiap-tiap kecamatan saya lupa, ingat saya paling banyak Kecamatan Kerek,” tandasnya.

Lebih lanjut, mantan Kepala SMAN 1 Tuban tersebut mengatakan, untuk itu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban dalam hal ini Disdikpora akan merangkul semua pihak untuk mengentaskan buta aksara yang ada di Kabupaten Tuban. ”Kita harus bekerja sama dengan semua pihak untuk mengentaskan masyarakat yang buta aksara ini. Termasuk, masyarakat maupun perusahaan yang ada di Tuban,” pungkasnya. (duc)

 

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.