13 SMP Jadi Pailot Projek UNBK 2017

kotatuban.com – Pada tahun 2017 ini di Kabupaten Tuban ada 13 Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang akan menjadi pilot projek pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada April 2017 mendatang.
”Pada tahun ini sekolah yang mengikti UNBK sudah cukup banyak. Kalai tahun lalu hanya ada dua sekolah, yakni SMPN1 dan SMPN 3 Tuban sebagai pilot projeknya,” terang Kepala DInas Penddikan Kabupaten Tuban, Sutrisno.
Untuk persiapan UNBK tersebut, Dinas Pendidikan juga telah melakukan rapat koordinasi dengan kepala sekolah yang akan melaksanakan ujian bebasis komputer. Agar pihak sekolah yang mengikuti UNBK pada tahun ini bisa siap-siap mulai sekarang.
”Kami juga sudah berkoordinasi dengan sekolah peserta UNBK. Agar sekolah segera menyiapkan segala sesuatunya untuk UNBK tersebut,” ungkapnya.
Adapun sekolah yang direncanakan melaksanakan ujian berbasis komputer adalah SMP N 1, 3, 5, 6, dan 7 Tuban. Selain itu, SMP N 1 Semanding, SMP N1 Meakurak, SMP N 1 Jatirogo, SMP N 1 Plumpang, SMP N 1 Widang, SMP N 1 Rengel, SMP N 1 Soko dan SMP Katolik Ronggolawe Tuban.
Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 6 Tuban, Zaenal Maftuhien mengatakan, pihaknya sudah siap melaksanakan ujian berbasis komputer itu. Meskipun ada beberapa perlengkapan pendukung yang belum siap dan harus disiapkan oleh pihak sekolah, yakni komputer berikut servernya. Karena disekolahnya jumlah komputer belum memadai dengan jumlah siswa yang akan mengikuti ujian nasional.
”Siswa kami yang akan mengikuti ujian sebanyak 284, sementara jumlah komputer tidak sebanyak itu, harapan kami Dinas Pendidikan juga memberikan fasilitas terkait itu,” kata Zaenal.
Menurutnya, jika memang komputer dibantu oleh Dinas Pendidikan maka dinas juga diharapkan melakukan pengadaan itu dengan cepat agar persiapan sekolah tidak terlalu mepet.
”Kita berharap dinas bisa mempercepat pengadaan, karena waktu sudah mepet. Atau dapat memfasilitasi kerjasama dengan sekolah SMA dan SMK yang memliki perlengkapan memadai untuk UNBK,” pungkasnya. (duc)
Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.