Diduga Libatkan PNS, Ketua Dekopinda Tuban Diperiksa Panwas

kotatuban.com– Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah (DEKOPINDA) Kabupaten Tuban, Ashadi Suprapto, diperiksa Divisi Penanganan dan Penindakan Pelanggaran Pemilu, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Tuban. Selasa (25/3).

Pemeriksaan terhadap Ashadi Suprapto, terkait dengan kegiatan rapat kordinasi anggota koperasi yang dilaksanakan di Gedung Juang, Jl. Pramuka, beberapa waktu lalu.

Dalam rakor tersebut, hadir dewan koperasi Jawa Timur, Marjito Gisan Atmojo, yang kebetulan juga calon anggota DPD Jatim nomor urut 25.

Edy Toyibi, anggota Panwaskab tuban melakukan pemeriksaan kepada Ashadi Suprapto di kantor Panwaslu Tuban
Edy Toyibi, anggota Panwaskab tuban melakukan pemeriksaan kepada Ashadi Suprapto di kantor Panwaslu Tuban
“Kami melakukan pemeriksaan dan klarifikasi, terkait kegiatan yang dilaksanakan beberapa waktu lalu di Gedung Juang, yang rupanya menghadirkan calon DPD Jatim dan terdapat sosialisasi di dalamnya,” terang Edy Toyibi, divisi P4 Panwaslu Kabupaten Tuban.

Dalam kegiatan tersebut, kata Edy Toyibi, panitia kegiatan diduga melakukan kegiatan sosialisasi yang memenuhi unsur kampanye, diantaranya mengajak peserta untuk memilih calon Marjito, padahal acara tersebut juga dihadiri para anggota koperasi yang juga pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Tuban.

“Dengan demikian, ini memenuhi unsur pelanggaran terhadap pasal 86 ayat 2 Undang-undang RI nomor 8 tahun 2012 tentang Pemilu, yakni terkait keterlibatan PNS dalam kegiatan politik,” jelas Edy.

Sementara itu, Ashadi Suprapto, yang ditemui kotatuban.com, di kantor Gakumdu usai pemeriksaan mengatakan, terkait keikutsertaan PNS dalam kegiatan itu, pihaknya mengaku tidak pernah berniat melibatkan PNS, karena undangan dalam kegiatan itu ditujukan kepada para anggota koperasi di Tuban.

“Lepas itu PNS atau tidak, kami hanya mengundang anggota koperasi, dan pertemuan itu juga terbatas intern kami. Menurut kami tidak ada masalah jika ada sosialisasi di internal kami, ini juga kami tegaskan bukan kampanye, hanya sosialisasi saja, karena kebetulan dewan koperasi kami yakni pak Marjito calon DPD Jatim,” kata Ashadi Suprapto.

Masih menurut Ashadi, kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Juang beberapa waktu lalu, merupakan kegiatan intern anggota koperasi, dimana panitia mengundang sekitar 125 anggota koperasi se-Kabupaten Tuban. Kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi pencalonan anggota DPD Jawa Timur Marjito Gisan Atmojo.

“Itu koordinasi intern kami, kemudian kami lanjutkan dengan sosialisasi, itu saja,” terang Ashadi. (kim)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.