2014, Tuban Targetkan Kenaikan Wisatawan 15 Persen

kotatuban.com-Kunjungan wisata Kabupaten Tuban ditargetkan meningkat 15 persen seiring dengan pengembangan dan penambahan berbagai fasilitas hiburan di sejumlah  lokasi wisata di Kabupaten Tuban.

Tahun 2013, kunjungan wisata di Kabupaten Tuban mencapai 3.636.206. Meski jumlah tersebut mengalami peurunan sebanyak 239.087 jika dibanding tahun 2012 yang mencapai  3.875.293 pengunjung, Dinas Pariwisata optimis angka tersebut akan kembali naik signifikan di tahun 2014.

Kepala Bidang Pariwisata, pada Dinas Perekonomian dan Pariwisata Kabupaten Tuban, Sunaryo mengatakan, Pemkab Tuban saat ini sedang gigih berupaya meningkatkan jumlah  wisatawan,  salahsatunya dengan perbaikan sarana dan penambahan fasilitas hiburan.

Di antara beberapa lokasi wisata yang mendapat tambahan fasilitas adalah Pemandian Bektiharjo, yang mendapat fasilitas perosotan air,  Pantai wisata Boom Tuban, yang mendapat  fasilitas komedi putar, serta beberapa lokasi wisata lainnya.

“Tujuan penambahan fasilitas di lokasi wisata itu adalah upaya meningkatkan kunjungan wisata ke kabupaten Tuban,” kata Sunaryo.

Dijelaskan Sunaryo, selain penambahan fasilitas, Pemkab  Tuban juga melakukan pengembangan obyek wisata. Salah satu contoh pengembangan wisata alam seperti yang dilakukan pada obyek Wisata Kolam Belerang dan Padepokan Empu Supo, di Desa Dermawuharjo, Kecamatan Grabagan. Kedua tempat tersebut mendapat tambahan dan perbaikan beberapa fasilitas, seperti perbaikan kolam dan penambahan bangunan.

“Kita mulai  kembangkan air hangat Dermawuharjo, dan petilasan Empu Supo, tidak hanya lokasi yang bagus, di sana juga terdapat situs bersejarah,” jelasya.

Dari catatan dinas perekonomian, lokasi wisata Kabupaten Tuban yang tercatat sebagai penyumbang terbesar kunjungan wisata adalah wisata ziarah makam Asmorokondi di Kecamatan Palang, dan makam Sunan Bonang Tuban di pusat kota Tuban.

Pada 2013, jumlah kunjungan di makam Asmoro Qondi mencapai 1.651.105, dan makam Sunan Bonang 1.391.958 pengunjung.

“Dari dua lokasi ini saja mas, sudah bisa dilihat ada dua juta lebih. Itu artinya dari seluruh lokasi wisata yang ada di Tuban, di atas 60 persennya adalah wisata ziarah makam,” imbuh Sunaryo. (kim)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.