2017 Pemkab Targetkan 25.500 Bidang Tanah Bersertifikat

kotatuban.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban pada tahun 2017 ini menargetkan 25.500 bidang tanah di Tuban terdaftar atau memiliki sertifikat tanah. Hal tersebut sesuai dengan program dari Kementerian Agraria Dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional melaksanakan Program Nasional Menuju Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).
Hal tersebut disampaikan Bupati Tuban Fathul Huda pada peringatan Hari Agraria Nasional Tahun 2017, yang mengambil tema “Sertifikasi Tanah Dan Penataan Tata Ruang Untuk Kesejahteraan Rakyat”. Kegiatan pelaksanaan upacara terebut di halaman Pemkab Tuban, Selasa (26/09).
Dalam Sambutannya, Bupati Huda menjelaskan bahwa terdaftarnya tanah milik masyarakat merupakan sebagai wujud pelaksanaan tugas pemerintah di bidang pertanahan dan untuk memberikan jaminan kepastian hukum hak atas tanah, serta untuk mendorong tumbuhnya sumber-sumber ekonomi masyarakat.
”Masyarakat harus diberikan jaminan dan kepastian atas hukum hak atas tanah yang dimilikinya. Sehingga, dengan begitu akan dapat mendorong sumber-sumber ekonomi masyarakat,” ungkapnya.
PTSL menurut Bupati adalah kegiatan pendaftaran tanah untuk pertama kali yang dilakukan secara serentak yang meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum di daftar dalam wilayah desa atau kelurahan atau nama lainnya.
”Kegiatan PTSL yang dilakukan oleh pemerintah ini diharapkan dapat melaksanakan Basis Data Pertanahan Lengkap Dan Terintegrasi (Peta Tunggal) dengan data lainnya,” ujar Bupati Huda.
Sehingga menurut Bupati Huda, hal ini akan menunjang pembangunan dikawasan kabupaten atau kota. Sedangkan, target PTSL secara nasional tahun 2017 sebanyak 5.000.000 bidang, tahun 2018 target 7.000.000 bidang, tahun 2019 9.000.000 bidang.
”Di Kabupaten Tuban saat ini sedang melaksanakan PTSL sebanyak 25.500 bidang dan harus selesai pada tahun 2017 ini. Kegiatan PTSL Di Kabupaten Tuban perlu kita sukseskan dengan sinergitas antara masyarakat Pemerintahan Desa, jajaran Kantor Pertanahan dan Pemerintah Kabupaten Tuban,” pungkasnya. (duc)
Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban