43 Perusahaan Ikuti Bursa Naker

kotatuban.com – Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (PMPTSP dan Naker) Kabupaten Tuban menggelar Pameran Bursa Kerja tahun 2018 di Gedung Budaya Loka Tuban, Selasa (16/10).
Hadir pada kesempatan ini, Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein, sekaligus membuka pameran yang akan berlangsung selama dua hari ini. “Acara ini adalah kegiatan rutin yang selalu diadakan tiap tahunnya” ungkap Wabup Noor Nahar Hussein.
Wabup Noor Nahar menyampaikan berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tuban Tahun 2017 angka pengangguran di Kabupaten Tuban mencapai 22.198 orang atau sekitar 3,39 persen. Dari jumlah tersebut, tingkat pencari kerja terbanyak berlatarbelakang pendidikan SMA yaitu sebesar 3.403 orang. Sementara, tingkat pendidikan sarjana sebanyak 2.257 orang.
Menyikapi hal tersebut, Pemkab  berkoordinasi dengan perusahaan di Bumi Wali untuk mengetahui kebutuhan perusahaan besar. Melalui cara itu dapat dipersiapkan lulusan SMA/SMK yang memumpuni di bidang yang dibutuhkan.
Teknisnya  dengan cara mencocokkan jurusan yang dibutuhkan dengan mata pelajaran di sekolah. “Sehingga ada link and match antara dunia pendidikan dengan penyedia lapangan pekerjaan,” ungkap Noor Nahar Hussein.
Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas PTSP dan Naker, Tajudin Tebyo, menjelaskan, pada Bursa Kerja tahun ini membuka sebanyak 1.041 lowongan pekerjaan dari 43 perusahaan. Dengan rincian 37 perusahaan lokal menyerap 885 pekerja dan 6 perusahaan dari provinsi menyerap 156 pekerja.
”Kegiatan yang mengusung tema “Wujudkan Kesempatan Dan Perluasan Kerja Di Kabupaten Tuban”. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang merata dan berkeadilan,” pungkasnya. (rto)
Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban