508 Personil Amankan TPS

kotatuban.com-Sebanyak 508 anggota kepolisian siap diterjunkan di 2.909 tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Tuban. Hal tersebut diungkapkan Kapolres Tuban AKBP Ucu Kuspriyadi, usai melaksanakan apel pergeseran pasukan untuk pengamanan pemilihan umum anggota legislatif 2014 yang akan dilaksanakan besok pada 9 April.

Apel kesiapan pengamanan Pemilu
Apel kesiapan pengamanan Pemilu

“Kita siapkan personil kami mengamankan jalanya pemilu, yang nanti akan dibantu oleh TNI dan Linmas di masing-masing TPS,” kata Kapolres Tuban, AKBP Ucu.

Kapolres menjelaskan, H-1 pelaksanaan pemilihan, Selasa (/8/4), seluruh petugas yang akan menjaga di setiap TPS yang menjadi tanggungjawab mereka sudah harus beradada di masing-masing Polsek tempat TPS yang akan dijaga. Tugasnya dalam pelaksanaan nantinya, adalah mengamankan, pemungutan, penghitung dan pengiriman hasil Pemilu hingga di  Panitia Pemungutan Suara (PPS) di masing-masing desa.

Tugas kami adalah mengamankan dari pengiriman, pemungutan, penghitungan hingga dikembalikan lagi dari TPS menuju PPS, tidak kami target berapa jam pengamanan, pokonnya sampai tuntas,” jelas Ucu.

Adapun mekanisme pengamanan pemilu, setiap satu petugas akan mengamankan 2 hingga 8 TPS, tergantung tingkat kerawanan dan jarak TPS satu dengan TPS lainya. Angota akan fokus pengamanan, dan tidak diwajibkan untuk melakukan perekapan hasil perolehan di TPS.

“Kami akan memaksimalkan pelaksanaan tugas pengamanan dilapangan,” sambung Kapolres.

Kapolres meminta kepada petugas yang berjaga agar melaporkan segala bentuk kemungkinan, sebelum menjadi permasalahan dalam pelaksanaan pemiliu.

“Jangan sampai satupun TPS ada masalah, jangan sampai gara-gara masalah disatu TPS membuat kelancaran pemilu terganggu. Jangan sampai ada kotak suara maupun surat suara yang hilang karena itu akan timbul masalah, ” tegas AKBP Ucu. (kim)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.