600 Qori’ Akan Bertanding di MTQ Tuban

kotatuban.com – Sekitar 600 peserta akan mengikuti perlombaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kabupaten Tuban. Sedangkan, rencananya perlombaan tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 29-31 Agustus ini.

600 peserta tersebut datang dari 20 kecamatan se Kabupaten Tuban. Peserta tersebut sebelumnya telah mengikuti perlombaan MTQ dimasing-masing kecamatan. ”Jadi setiap kecamatan ini mengirim 30 peserta dari berbagai usia dan juga mengikuti berbagai kelas perlombaan,” terang, salah satu panitia dan dewan hakim MTQ Kabupaten Tuban, Ashabul Yamin, saat dikonfirmasi kotatuban.com, Kamis (28/08).

Menurutnya, sedangkan perlombaan MTQ tingkat kabupaten tersebut ada tujuh katagori, yakni tartil tilawah, qizil qur’an, musabaqoh sar’i qur’an, musabaqoh fahmi qur’an, musabaqoh khotmil qur’an, musabaqoh makalah ilmu al qur’an dan musabaqoh tafsir al qur’an. ”Untuk musabaqoh tafsir al qur’an ini menggunakan tiga bahaya, yaitu bahasa Arab, Inggris dan Indonesia,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Yamin mengatakan, untuk MTQ tersebut juga akan dibagi menjadi kategori tiga usia, yaitu anak-anak atau usia 6-12 tahun, remaja atau usia 13-16 tahun, dan dewasa atau usia diatas 17 tahun. ”Nanti yang juara ditingkat kabupaten akan kita ikutkan ke tingkat provinsi yang akan diselenggarakan pada tahun 2015 di Banyuwangi,” tuturnya.

Dia mengatakan, untuk memeriahkan acara tersebut pada pagi harinya akan diadakan pawai taaruf yang akan diikuti kurang lebih 2000 peserta dari Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Tuban. Selain itu, juga akan diadakan bazar di alun-alun Tuban. (duc)

 

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.