Abang Becak Mulai Mudik

Becak wisata Sunan Bonang mulai sepi
Becak wisata Sunan Bonang mulai sepi

kotatuban.com-Sejumlah abang becak yang biasa mangkal di wisata makam Sunan Bonang mulai mudik. Sehingga, abang becak yang jumlahnya ratusan itu tinggal hitungan jari saya yang mencoba mengais rezeki di wisata Sunan Bonang.

Jika sebelumnya jalan tersebut padat oleh antrian becak, sejak dua hari terahir kawasan tersebut nampak melompong oleh aktifitas para abang becak yang biasa mangkal di sana. “Teman-teman sudah banyak yang mudik, karena kalau puasa hampir tidak ada peziarah,” tutur Sutrisno, salah seorang abang becak yang masih tetap bertahan.

Hanya ada beberapa abang becak yang masih mangkal di lokasi itu, utuk menunggu penumpang  yang akan menggunakan jasa mereka. “Ya gini mas, kalau mau puasa sudah sepi, apalagi besok sudah  bulan puasa tidak ada tukang becak disini,” ujar Wakil (52), abang becak lainnya yang masih mangkal di lokasi.

Menurut Wakil, sepinya becak di lokasi tersebut bukan tanpa alasan. Pengunnjung di lokasi wisata Sunan Bonang yang hampir tidak ada selama bulan Ramadan, menjadi salah satu faktor tiadanya tukang becak yang mangkal disana.

“Kalau bulan puasa, makam Sunan Bonang tidak ada pengunjung mas, lha mau ngangkut siapa,”  kata Wakil.

Wakil mengaku, saat seperti ini, pendapatan tukang becak menurun derastis, sehingga banyak tukang becak yang memang sebagian besar berasal dari luar wilayah itu memilih pulang dan libur di rumah. Saat Ramadhan,  penumpang yang biasanya berkunjung ke makam Sunan Bonang  jumlahnya memang jauh berkurang, dan  hampir tidak ada. Jika ada yang membutuhkan jasa abang becak, hanya warga sekitar atau penumpang yang akan pergi ke salah satu pusat perbelanjaan sekitar satu kilo dari Musium Kambang Putih.

“Kalau puasa mas, paling narik 3 kali itu sudah bagus karena sedikit sekali penumpang,  saya saja pernah sehari tidak narik,”  papar Wakil. (kim)

 

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.