Anggota Dewan Sudah Mulai Belajar Membolos

Membolos, kursi anggota DPRD Tuban banyak yang kosong
Membolos, kursi anggota DPRD Tuban banyak yang kosong

kotatuban.com-Sejumlah anggota DPRD Tuban sudah mulai belajar membolos. Terbukti, saat sidang paripurna penentapan tatatertib DPRD, dari 50 anggota dewan, hanya 39 yang hadir. Sisanya, tidak diketahui rimbanya.

“Tidak ada masalah, ada yang tidak hadir. Terpenting sudah memenuhi kourum, sehingga, penetapan tatatertib bisa kita lakukan. Soal, mengapa mereka tidak hadir, pihak Sekwan yang mengetahuinya,” terang Ketua Sementara DPRD Tuban, M. Miyadi, usai penetapan tataterib di gedung DPRD setempat, Selasa (23/9).

Dengan ditetapkanya tatatertib anggotaa dewan terebut, anggota dewan dapat menjalankan tugas pokok dan fungsinya sesuai prosedur yang ada. Sehingga, qanggota dewan tidak ragu lagi untuk melangkah, karena sudah ada pedomannya.

Ditambahkan Miyadi, tatib dewan yang telah ditetapkan dalam rapat paripura bersama anggota tersebut tidak jauh berbeda dengan tatatertib sebelumnya. Penetapan tatib itu sendiri berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 16/ 2010  tentang pedoman penyusunan tata tertib DPRD.

“Tata tertib yang kita tetapkan hari ini tidak jauh berbeda dengan tata tertib periode sebelumnya. Kalau ada hanya beberapa saja dan itu merupakan penyesuaian dengan situasi sekarang.  Selanjutnya yang paling penting adalah mematuhi tatib yang telah disepakati bersama itu,” kata Miyadi.

Setelah penetapan hari ini, anggota dewan akan menunggu penetapan pimpinan difinitif. Selanjutnya membentuk alat perlengkapan dewan,  seperti Komisi, Badan Anggaran, Badan Musyawarah, Badan Legislasi dan Badan Kehormatan.

“Setelah ini kami tinggal menunggu penetapan pimpinan difinitif, selanjutnya pembagian anggota fraksi ditiap alat kelengkapan dewan,” sambung Miyadi. (kim)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.