Anggota Linmas Rangkap KPPS

kotatuban.com – Petugas pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2014 akan dirangakap oleh petugas Kelompok Penyelengaran Pemungutan Suara (KPPS) yang nomor 7. Pasalnya, pada Pemilu 2014 ini tidak ada anggaran untuk petugas Perlindungan Masyarakat (Linmas) seperti Pemilu sebelumnya.

Komisioner KPUK TUban, Yayuk Dwi AS
Komisioner KPUK TUban, Yayuk Dwi AS

Divisi Pendaftaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban Yayuk Dwi Agus Sulistiorini saat dikonfirmasi kotatuban.com, Selasa (4/2) mengungkapkan, didalam satu TPS itu ada 7 orang anggota KPPS. Sehingga, anggota KPPS yang ke 7 tersebut bakal difungsikan sebagai petugas pengamanan juga. ”Ya, memang dianggaran kami untuk Limas tidak ada, dan di dalam petunjuknya anggota KPPS merangkap juga sebagai keamanan,” ungkapnya.

Menurutnya, anggaran yang ada dari KPU pusat hanya diperuntukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Penyelengaran Pemungutan Suara (KPPS) saja. Sedangkan, untuk petugas keamanan tidak ada. ”Sehingga kebijakan untuk menjadikan satu orang anggota KPPS menjadi petugas keamanan,” tandasnya.

Untuk diketahui, dalam Pemilu legeslatif 2014 jumlah TPS di Tuban sebanyak 2.909 yang tersebar di 328 desa, 20 kecamatan. Sedangkan, untuk anggota KPPS se Kabupaten Tuban sebanyak 20.363 orang.

Sementara itu Kabag Kesbanglinmas Tuban, Teguh Setyobudi menjelaskanb, jika Pemkab Tuban tidak menganggarkan honor bagi tenaga keamanan di TPS yang biasanya dilakukan anggota Linmas. Sebab, selama ini honor untuk Linmas dalam Pemilu ditangani KPU. “Jika sekarang KPU Tidak menganggarkan harus dicari solusi, sehingga, Linmas yang bertugas dalam TPS tetap mendapatkan honor. “Hal itu sudah kami bicarakan dengan KPUK Tuban, dan akan dikonsultasi ke Pusat. Rencananya, dari tujuh anggota KPPS itu dua atau satu diantaranya diambilkand ari Linmas,” terang Teguh  yang kini dimutasi sebagai Kabag Humas Pemkab Tuban itu. (duc)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.