Antisipasi Bencana Banjir, Petugas Gabungan Latihan Penyelamatan

image
Petugas gabungan tengah latihan peyelatanbencana

kotatuban.com – Antisipasi bahaya bencana alam khususnya bencana banjir puluhan petugas gabungan dari satuan Sabhara Polres Tuban bersama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban melakukan latihan bersama untuk penanganan bencana banjir dan juga bencana yang ada di laut.

Latihan bersama tersebut dilakukan di kawasan pantai Desa Sugihrawas, Kecamatan Jenu. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk melatih kemampuan anggota dan mensingkronisasi antara anggota Polisi bersama BPBD dalam penanganan bencana.

”Kami melakukan latihan bersama ini untuk mengsikronisasi dalam penanggulangan bencana di lapang. Sehingga saat melakukan penanggulangan bencana tidak cangung dan komunikasi dapat berlangsung dengan baik, karena sudah tahu tugas masing-masing,” terang Kasat Sabhara Polres Tuban, AKP Yani Susilo, saat dikonfirmasi kotatuban.com, Selasa (02/12).
 
Menurutnya, ada 60 anggota dari Sabhara Polres Tuban bersama BPBD yang turut serta melakukan latihan penanganan bencana banjir. Karena saat ini sudah mulai musim penghujan dan rawan terjadinya banjir dibeberapa kecamatan yang ada di sekitar aliran Bengawan Solo.

”Latihan bersama untuk penanggulangan bencana banjir baru kita lakukan pertama kali ini. Kita melakukan latihan meliputi penyelamatan korban tenggelam saat banjir ataupun saat berada di laut, seperti akibat kapal tenggelam,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Kasat Sabhara mengatakan, untuk materi latihan bersama untuk penanggulangan bencana banjir dan bencana di laut tersebut anggota diberikan pengenalan untuk menggunakan alat-alat yang digunakan untuk evakuasi. Yakni mulai dari pemakaian perahu karet, peruntukan dan juga kelemahannya.

”Latihan bersama ini akan kita upayakan secara rutin. Tentunya, dengan materi-materi yang berbeda, seperti latihan selam dan latihan lainnya sesuai dengan kebutuhan,” pungkasnya. (duc)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.