Antisipasi Penyakit Hewan, Petugas Pantau Hingga Jelang Kurban

Hewan kurban terus dipantau kesehatannya
Hewan kurban terus dipantau kesehatannya

kotatuban.com-Petugas Dinas Pertanian dan Peternakan Tuban bakal terus memantau sejumlah titi yang digunakan menjual hewan kurban. Dikhawatirkan penyakit hewan kurban yang berpotensi menular ke manusia terjadi di Tuban. Pemantauan ini akan terus dilakukan hingga menjelang hari raya kurban.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Pertenakan Kabupaten Tuban, Pipin, mengungkapkan, pihaknya bersama tim telah melakukan sidak terhadap sejumlah lokasi, baik penjualan maupun pasar hewan serta tempat pengumpulan hewan kurban. Sidak dilakukan sejak beberapa hari terahir untuk memastikaan kondisi hewan kurban bebas penyakit seperti antrak, batuk kambing dan sakit mata.

“Tentu untuk mengantisipasi segala kemungkinan penyakit pada hewan kurban kami sudah melakukan sidak kebeberapa lokasi, seperti Prunggahan, Semanding, Merakurak, dan tempat lain pengumpulan hewan kurbn,” terang Pipin.

Dia menjelaskan, sebelum disembelih hewan kurban harus lolos berbagai kriteria, disamping kesehatan hewan itu sendiri. Yakni secara fisik hewan qrban harus lengkap (tidak cacat) atau kurang anggota tubuhnya, usia sudah memenuhi syarat untuk kurban.

“Selain kesehatan fisik juga harus lengkap, tidak ada gejala penyakit yang terlihat. Kami lakukan pemeriksaan, mulai kelengkapan fisik, mata, telinga dan lainya. Termasuk apakah kambing tersebut lincah atau tidak, jangan-jangan jika kambing lemas atau tidak gesit, ada penyakit dalam kambing yang akan dikurbankan,” jelas Pipin.

Pipin menghimbau, penjual kambing tidak menjual hewan yang tidak sesuai syarat kurban, agar tidak merugikan pembeli (konsumen). Sementara itu, pembeli juga diminta jeli dan selektif dalam memilih hewan kurban. Sehingga, hewan yang bakal dikurbankan sesuai secara fisik, kesehatan dan umur hewan.

“Sebenarnya yang utama harus selektif  adalah pembelinya. Sebab pedagang pastinya menjual itu karena kebutuhan. Makanya, di sini kami tekankan pembeli yang lebih utama saat memilih hewan kurban. (kim)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.