Awas, Musim Kemarau Rawan Kebakaran

kotatuban.com – Untuk masyarakat pada musim kemarau seperti ini dihimbau untuk selalu waspada akan terjadinya kebakaran. Pasalnya, pada musim panas banyak rumput yang kering dan sangat mudah terbakar.
Tercatat pada, Rabu (20/09) ini saja tim pemadam kebakaran dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban memadamkan kebakaran didua tempat yang berbeda. Yakni, Dusun Sumurwaru, Desa Remen, Kecamatan Jenu, dan di Desa Tuwiri Wetan, Kecamatan Merakurak.
Untuk kebakaran di Desa Remen, Kecamatan Jenu menghanguskan sebuah kandang ayam. Diduga, pemicu kebekaran tersebut dikarenakan hubungan arus pendek atau korsleting listrik.
Beruntung dalam kebakaran itu tidak sampai ada korban jiwa manusia yang meninggal dunia atau luka-luka. Kerugian hanya berupa materi yang diperkirakan mencapai Rp 40 juta akibat insident tersebut.
”Korban jiwa nihil, dan kerugian materi diperkirakan Rp 40 juta,” ujar, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban, Joko Ludiono.
Peristiwa kebakaran itu pertama kali diketahui oleh salah satu karyawan kandang ayam milik Hartono Sugiharto,warga Karang Indah blok BH nomor 15, Kecamatan Semanding – Tuban. Kemudian mereka berusaha memadamkan api dengan menggunakan alat seadanya.
Namun, api terus membesar karena dilokasi banyak bahan yang mudah terbakar. Akhirnya, kobaran api baru bisa dijinakan dengan bantuan dua mobil pemadam (Damkar) milik Pertamina.
Sedangkan, untuk kebakaran yang ada di Kecamatan Merakurak membakar lahan kosong dekat perumahan penduduk seluas kurang lebih 750 meter persegi. Kebakaran tersebut dibakar oleh seseorang yang iseng. Dan kebakaran tersebut berhasil dipadamkan oleh pemadam kebakaran setelah kerja keras selama satu jam.
”Kami menghimbau kepada masyarakat untuk hati-hati menyalakan api saat musim panas seperti ini, karena sangat mudah memicu terjadinya kebakaran,” pungkasnya. (duc)
Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban