Belum Penuhi Pagu, Sejumlah SMPN Perpanjang Pendaftaran

Beberapa orang tua siswa melakukan pendaftaran putra-putrinya di sebuah sekolah
Beberapa orang tua siswa melakukan pendaftaran putra-putrinya di sebuah sekolah

kotatuban.com– Karena hasil seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online yang dilaksanakan sejumlah Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) di Kabupaten Tuban, belum seluruhnya memenuhi pagu siswa yang diharapkan,  sejumlah SMPN akhirnya memutuskan memperpanjang waktu pendaftaran bagi siswa baru.
Di sisi lain, kebijakan memperpanjang masa pendaftaran siswa baru tersebut disinyalir belum dilaporkan pihak sekolah ke Dinas Pendidikan setempat. Heni Indriana, pejabat di Dikpora Tuban mengaku pihaknya belum menerima laporan, sekolah mana saja yang belum memenuhi pagu dan harus memperpanjang masa pendaftaran pendaftaran.

“Kemungkinan ada, seperti sekolah yang ada di pingiran, karena calon peserta didik di sekitar sekolah, banyak yang mendaftar ke Bojonegoro,” ujar Heni Indriana, Kasi kurikulum bidang pendidikan SMP/SMA/SMK Dinas Dikpora Tuban.
Menurut Heni, kemungkinan sekolah yang dimaksud adalah SMP di Kecamatan Parengan, Soko dan Rengel. Sekolah yang belum memenuhi pagu akan menambah masa pendaftaran hingga tanggal 14, atau sebelum pelaksanaan masa orientasi siswa (MOS).

Heni menjelaskan, dalam pemenuhan pagu tersebut, sekolah juga tetap memberlakukan sistem seleksi yang sama dengan sistem sebelumnya, yakni dengan perhitungan skor, meski untuk sekolah yang  membuka pendaftaran online akan melaksanakannya secara offl ine (Daftar manual).

“Tujuannya adalah menampung siswa yang belum memperoleh tempat belajar, karena sebelumnya mungkin saja siswa daftar di sekolah lain dan belum diterima. Nanti perlakuan tetep sama dengan cara skor, ketika yang daftar banyak,” jelas Heni.

Disamping itu, lanjut Heni, dalam seleksi pemenuhan pagu, pihak dinas pendidikan akan melakukan pengawasan untuk mengantisipasi aksi penjualan bangku yang dilakukan oleh oknum sekolah yang nakal.  “Kami jamin tidak akan ada, karena kami akan melakukan pengawasan, dan kami juga akan mengeluarkan surat edaran untuk itu, ” tegas Heni.

Sementara itu, untuk SMP di Kota yang membuka pendaftaran secara online, seluruhya telah memenuhi pagu dan tidak akan memperpanjang masa pendaftaran. Seperi SMPN 2 Tuban, dari pagu siswa sebanyak 288 telah terpemuhi, SMPN 4 pagu siswa 288 terpenuhi, SMPN 5 pagu siswa 216 terpenuhi, SMPN 6 pagu 288 siswa terpenuhi dan SMPN 7 pagu siswa 288 juga terpenuhi. (kim)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.