BPBD Tuban, Sosialisasi Aman Bencana Kesekolah

kotatuban.com – Badan Penanggulangan Bencana Derah (BPBD) Tuban menggelar sosialisasi penanggulangan bencana disekolah-sekolah tingkat SMP dan SMA di Kabupaten Tuban, Senin (13/11).

”Untuk hari ini kita melakukan sosialisasi di SMPN 1 Rengel dan SMAN 1 Rengel. Dan nanti ada 8 sekolah lain yang akan kita lakukan kegiatan yang sama,” terang Kepala BPBD Tuban, Joko Ludiono (13/11).

Menurutnya, sekolah aman merupakan upaya membangun kesiapsiagaan sekolah terhadap bencana dalam rangka menggugah kesadaran seluruh unsur-unsur dalam bidang pendidikan. Baik itu individu maupun kolektif di sekolah dan lingkungan sekolah baik itu sebelum, saat maupun setelah bencana terjadi.

”Kita berharap dengan adanya kegiatan ini, para siswa maupun guru dapat menanggulangi atau mengurangi resiko bencana,” ujar Joko.

Pada sosialisasi tersebut para siswa juga melakukan penjinakan api yang didampingi oleh Tim Damkar BPBD Tuban. Selain itu, para siswa juga diajari dalam penggunaan alat pemadam api ringan (APAR).

”Jadi jika ada kejadi kebakaran misalnya, para siswa dan guru tidak panik. Karena sudah bisa menangani sendiri dan sudah tahu apa yang harus dilakukannya,” ujar Joko.

Selain itu, BPBD juga menghimbau kepada par siswa untuk tidak membuang sampah sembarangan, dan selalu menjaga kebersihan. Seperti kebersihan saluran air juga harus tetap terjaga agar tidak terjadi banjir.

”Kebersihan saluran air itu sangat penting, agar air lancar dan tidak terjadi banjir. Apa lagi saat ini sudah memasuki musim penghujan, sehingga saluran air harus bersih,” pungkasnya. (duc)

 

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban