Bupati Huda Launching Aplikasi SiPolin Dan SiPalin Ceria

kotatuban.com – Bupati Tuban, Fathul Huda melaunching Aplikasi SiPolin dan SiPalin Ceria. Peluncuran aplikasi tersebut sekaligus peresmian Graha Aryo Tejo tahap 2 dan Masjid Darul Maghfiroh di kompleks RSUD dr. R. Koesma Tuban.

”Saya merasa bersyukur dan bangga karena RSUD dr. R . Koesma setiap tahun pasti meresmikan satu bangunan,” ungkap Bupati, Kamis (26/04).

Selain itu, angka kepuasan publik terhadap RSUD dinilai baik. Sementara angka kepuasan publik untuk Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban dan Puskesmas Kecamatan Semanding mendapatkan predikat amat baik.

Bupati Huda berharap dengan inovasi-inovasi yang telah dilakukan RSUD, juga dibarengi dengan peningkatan di bidang pelayanan masyarakat. ”Semoga tidak ada lagi pasien yang menunggu di ruang selasar. Semua pasien yang masuk dapat langsung dilayani,” imbuh Bupati Huda.

Lebih lanjut, Bupati Huda menginstruksikan agar inovasi-inovasi yang dilakukan RSUD gencar dikenalkan ke masyarakat. ”Saya menginstruksikan inovasi SiPolin dan SiPalin Ceria disosialisasikan agar masyarakat mengetahui dan dapat memanfaatkannya. Tanpa adanya sosialisasi, maka hasilnya tidak maksimal,” seru Bupati.

Menurut Bupati Huda, hendaknya dalam memberikan pelayanan masyarakat diniatkan ibadah. Selain itu, evaluasi maupun introsepksi terhadap diri sendiri juga perlu dilakukan. Hal ini semata-mata sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas diri dan kinerja kerja.

”Ketika melakukan suatu kebaikan, kita nisbatkan kebaikan itu karena Allah,” tutur Bupati.

Pada kesempatan ini, Bupati asal Montong ini juga menyampaikan pemilihan Aryo Tejo sebagai nama gedung RSUD, ditujukan untuk mengenang dan mengabadikan Bupati Tuban ke-7 yang memiliki keturunan Sunan Bonang dan Sunan Kalijaga.

Sementara itu, Direktur RSUD dr. R. Koesma, Saeful Hadi menjelaskan bahwa aplikasi SiPolin (Sistem Pelaporan Indikator) merupakan aplikasi yang digunakan untuk memberikan pelayanan pasien rawat jalan. Sedangkan, SiPalin Ceria (Sistem Pendaftaran Online Cepat Ringkas dan Akurat) merupakan aplikasi pendaftaran online ke poliklinik di RSUD dr. R. Koesma Tuban.

Dengan menggunakan aplikasi ini masyarakat dapat mendaftarkan diri secara online dan dapat mengetahui jadwal dokter, poli, alur pelayanan, serta pesyaratan apa saja yang diperlukan untuk berobat ke RSUD. ”Sehingga masyarakat dapat langsung mendapat pelayanan medis yang dibutuhkan,” jelas Saeful Hadi.

Selain itu, untuk memberikan pelayanan masyarakat, seluruh pegawai RSUD diharuskan menerapkan 2 R 2 S (Ramah, Rikat, Senyum, Santun). Di samping itu, Saeful Hadi menjelaskan sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan maka diterapkan konsep 4R (Ringkas, Resik, Rapi, dan Rawat).

”Kedepannya RSUD dr. R. Koesma akan terus meningkatkan pengembangannya, baik infrastruktur, sumber daya manusia, serta pelayanan kepada masyarakat. Pengembangan tersebut guna menjawab kebutuhan masyarakat terhadap rumah sakit yang semakin meningkat,” pungkasnya. (duc)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban