Bupati Huda Resmikan Pasar Merkawang

kotatuban.com – Bupati Tuban Fathul Huda meresmikan pasar tradisional Desa Merkawang, Kecamatan Tambakboyo. Pasar yang dibagun melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Holcim Indonesia Tbk – Pabrik Tuban tersebut diharapkan dapat memicu pertumbuhan ekonomi warga sekitar.
”Kita berharap dengan adanya pasar tradisional ini ekonomi warga sekitar dapat lebih baik,” ungkap Bupati Huda, Jumat (19/10).
Sementara itu, GA & Comrel Manager Pabrik Tuban, Trayudi Darma, mengatakan, bahwa pasar tersebut terdiri atas 16 kios di lantai satu ini, memiliki atap beton atau berada dalam kondisi siap untuk dibangun lantai dua. Pasar tradisional ini merupakan wujud komitmen Holcim untuk terlibat dalam pembangunan berkelanjutan melalui penguatan ekonomi.
”Salah satunya, melalui program infrastruktur meningkatkan kualitas fasilitas umum dan sosial masyarakat di sekitar Pabrik Tuban,” ungkapnya.
Menurutnya, pembangunan pasar tradisional Merkawang dilakukan di atas lahan seluas 2.060m2,  berlangsung selama 4 bulan sejak April 2018 dengan melibatkan tenaga kerja dan kontraktor lokal.
”Program ini muncul berdasarkan hasil diskusi dengan pemangku kepentingan dan analisa kebutuhan secara mendalam,” ujarnya.
Lebih lanjut, Trayudi Darma mengatakan, keberadaan pasar tradisional Merkawang tidak hanya diperuntukkan bagi masyarakat Desa Merkawang, namun juga beberapa desa dari empat Kecamatan lainnya, yaitu Desa Glondonggede, Karangasem, Sawir, Mliwang, Socorejo bahkan Merakurak.
”Dengan memperbaiki kualitas fasilitas pasar, tidak hanya akan meningkatkan kenyamanan bagi penggunanya, namun juga mendorong peningkatan aktivitas perekonomian di dalamnya,” pungkas Trayudi Darma. (rto)
Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban