Bupati Sidak UN SMP

Bupati sidak UN di dalam ruang ujian
Bupati sidak UN di dalam ruang ujian

kotatuban.com – Bupati Tuban Fathul Huda melakukan inspeksi mendadak (sidak) untuk memantau pelaksanaan ujian nasional (UN) untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTS), Senin (05/05). Sidak dihari pertama pelaksanaan UN SMP dan MTS tersebut, Bupati Tuban memastikan kelancaran pelaksanaan UN.

Bupati Tuban Fathul Huda memantau pelaksanaan UN tingkat SMP tersebut di SMPN 2 Tuban dan MTSN Tuban. Dalam memantau pelaksanaan UN tersebut Bupati Huda didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Tuban, Sutrisno dan beberapa pejabat lainnya.

”Saya harap semua anak-anak tetap semangat dan rajin belajar, sehingga ujian nasional kali ini bisa dilalaui dengan mudah dan tidak lupa kami mendoakan agar kalian lulus semuanya,” ujar Bupati Huda.

Saat disinggung terkait indikasi adanya kecurangan dan telah bocornya kunci jawaban soal UN. Menurutnya, kemungkinan itu sangat kecil sekali. Pasalnya, mulai pendistribusian soal tersebut sampai dibagikan kepada siswa soal-soal tersebut juga dijaga ketat oleh petugas kepolisian. Selain itu, jika siswa mempunyai kunci jawaban juga tidak mungkin bisa. Pasalnya, setiap ruangan dengan 20 siswa dijaga oleh dua orang pengawas.

”Setiap siswa memiliki soal yang berbeda sehingga siswa tidak mungkin dapat saling mencontoh. Selain itu, jika siswa bisa menyontek atau mengeluarkan kunci jawaban pasti sudah kerjasama antara siswa, pengawas dan pihak sekolah,” ungkapnya.

Lebih lanjut Bupati Huda mengatakan, jika ketahuan ada sekolahan yang melakukan kecurangan dengan pelaksanaan UN, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) tidak segan-segan untuk menindak sekolahan tersebut. ”Jika diketahui ada sekolahan yang melakukan tindakan kecurangan dalam UN ini maka akan kami tindak dengan tegas,” pungkasnya. (duc)

 

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.