Cabai Mahal, Penjual Makanan Beralih ke Cabai Kering

image
Penjual cabai di pasar Baru Tuban

kotatuban.com-Mahalnya harga cabai segar berbagai jenis membuat penjual makanan beralih ke cabai kering maupun cabai kemasan. Sebab, dua jenis bahan untuk membuat rasa pedas makanan itu harganya lebih murah. Sehingga, tidak perlu menaikkan harga jualannya.
” Coba mas, untuk cabai saja harus mengeluarkan dana Rp80 ribu untuk satu kilo, belum untuk kebutuhan yang lainnya. Harga makanan juga belum berani menaikkan, padahal sekarang semua mahal,” keluh Nengsih (55) pedagang makanan, yang belanja bumbu dapur di Pasar Baru Tuban, Jumat (5/12).
Agar tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya terutama untuk keperluan cabai, sebagian pemilik warung memanfaatkan cabai kering, atau cabai kemasan yang dijual juga mudah mendapatkannya.
“Dicampur cabai kering mas, kalau tidak begitu ya beli cabai kemasan,” Sambung pedagang makanan itu, sambil menyebutkan salah satu merek bumbu dapur.
Sementara itu, Tomo pedagang cabai membenarkan, banyak pemilik warung langganannya beralih ke cabai kemasan maupun cabai kering sebagai bahan campuran cabai segar. Bahkan dirinya kehabisan stok cabai kering karena banyak yang membeli cabai itu untuk campuran cabai segar.
“Cabai kering kosong mas, banyak yang beli, harganya Rp10 ribu/ kg, lebih murah dan jumlahnya jauh lebih banyak. Perbandinganya satu kilo cabai segar sama dengan 2 kilo lebih cabai kering,” terang Tomo.
Cabai kering itu, biasanya didapat Tomo dari proses pemisahan cabai yang sudah layu dengan cabai segar. Cabai layu tersebut kemudian dia jemur agar tidak membusuk, dan setelah kering dijual kepada langganannya.
“Ini sudah dipilih-pilih, tadi yang kering sudah dibeli langganan saya penjual Bakso. Biasanya kalau cabai harganya murah, saya mengeringkan, soalnya kalau cabai lagi mahal seperti ini lakunya lumayan,” papar Tomo. ( kim)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.