Damkar Bakal Masuk Struktur BPBD

image
kotatuban.com-Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemadam Kebakaran (Damkar) akan bergabung dalam struktural Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban. Sebelumnya, Damkar   masuk dalam struktural Dinas Pekerjaan Umum (Dinas PU), sebagai unit yang menangani musibah kebakaran.

“Sebelum ada BPBD Damkar memang masih ikut DInas PU dan sekarang Tuban sudah ada BPBD, sebagai otoiritas Penanganan bencana, termasuk kebakaran,” ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Joko Ludiono, Jumat (26/12).

Dijelaskan Joko, dengan masuknya Unit Damkar ke BPBD, maka secara langsung tim pemadam kebakaran akan berada dibawah kordinasi BPBD, sesuai Standart Operasional Prosedur (SOP) penanganan bencana kebakaran.

“Jika unit itu masuk BPBD,  tentu kordinasinya akan lebih mudah. Selai itu, setiap ada kejadian yang sifatnya bencana termasuk kebakaran, laporan sering masuk ke BPBD dan kita meneruskan ke Damkar yang ada di PU,” terang Joko.

Dia juga menyampaikan, bahwa hal itu juga telah masuk dalam pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kabupaten Tuban, yang telah disepakati bersama. Itu berarti, tinggal menunggu Peraturan Bupati (Perbup) untuk melaksanakan Perda.

“Itu juga sudah dibahas bersama DPRD Tuban, Insya Allah tahun depan sudah masuk di BPBD,” imbuh Joko. (kim).

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.