Deklarasi Damai, Calon Kades Diminta Jaga Keamanan

kotatuban.com-Sebanyak 99 orang calon kepala desa dari 36 desa di 16 kamatan peserta pilkades serentak di Kabupaten Tuban, ikuti ikrar damai dan pilkades aman, jelang pelaksanaan tahapan kampanye mulai 30 November besok.

Ikrar yang dilaksanakan di Pendopo Krido Manunggal itu juga menghadirkan panitia penyelenggara dan pengawas kegiatan pilkades. Kegiatan itu juga dihadiri KapolresTuban, AKBP Fadly Samad, Komandan Kodim,  Letkol Infantri Sarwo Supriyo, Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa, PemerintahanDesa dan Keluarga Berencana (Bapemas dan KB) Kabupaten Tuban Mahmudi, serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Kepala Kepala Bapemas Tuban, Mahmudi usai kegiatan ikrar mengataan, keamanan dan ketertiban menjadi tanggungjawab bersama. Ikrar harus ditindaklanjuti dengan melaksanakan kegiatan pemilihan dengan baik, aman dan kondusif.

“Ini sebagai langkah awal jelang kampanye besok, para calon kades harus melaksanakan kegiatan kampanye dengan baik, menjaga ketertiban dan kondusifitas lingkungannya masing-masing sampai kegiatan selesai,” kata Mahmudi, Rabu (23/11).

Sementara itu Kapolres Tuban AKBP Fadly Samad, dalam sambutannya menyampaikan, pihaknya akan mengamankan selama penyelenggaraan piklades, melalui jajaran dibawahnya. Kepolisian akan memberikan tindakan hukum tegas bagi peserta atau siapapun yang melakukan pelanggaran hukum dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak ini.

“Tentu kami tidak segan memberikan tindakan hukum bagi pelanggar pidana salam pilkades besok,” tegas Kapolres Tuban.

Lebih lanjut Kapolres berpesan kepada seluruh calon harus siap menang dan kalan dalam pemilihan. Termasuk mengajak seluruh pendukungnyajuga siap kalah dan menang.

“Jangan sampai calon siap menang dan kalah tapi pendukungnya tidak, ini yang harus disampaikan oleh para calon kepada pendukungnya,” katanya.

Hal senada Juga diungkapkan Komandan Kodim, Letkol Inf Sarwo Supriyo, pihak TNI bakal membakuup keamanan pelaksanaan pilkades serentak serta turut menciptakan suasana aman saat pelaksanaan pilkades pada Desemberbesok.

“Kami dari Kodim siap membantu pengamanan,” katanya.

Seperti diketahui, saat ini tahapan pemilihan kepala desaserentak sudah memasuki pengumuman para calon, dan selanjutnya akan dilaksanakan kampanye bagi para calon mulai 30 Nopember mendatang. (kim)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.