Dewan Pendidikan Temukan PLS Tak Dilengkapi Ijin Orang Tua

Tim monetoring pelaksanaan PLS dari Dewan Pendidikan
Tim monetoring pelaksanaan PLS dari Dewan Pendidikan

kotatuban.com– Tim monetoring pelaksanaan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) dari Dewan Pendidikan menemukan tidak adanya surat ijin dari orang tua siswa di sejumlah sekolah. Namun, secara keseluruhan tim menyimpulkan pelaksanaan PLS berjalan lancar dan tidak ada masalah.

Ketua tim tiga monitoring PLS Dewan Pendidikan Kabupaten Tuban, Suwito Tulus mengatakan, Dewan Pendidikan menurunkan tiga tim untuk melakukan monitoring pelaksanaan PLS untuk memastikan pelaksanaan PLS sesuai dengan intruksi Menteri Pendidikan.

‘’Berdasarkan pantauan kami dari sekolah-sekolah yang kami datangi semua baik, hanya ada sekolah yang tidak meminta surat izin dari orang tua siswa, ini saja,’’ ujar Suwito Tulus, ketua tim tiga monitoring PLS Dewan Pendidikan Kabupaten Tuban, Selasa (19/07).

Dikatakan pria yang juga Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Tuban ini, masing-masing sekolah sudah melaksanakan PLS sebagaimana ketentuan, yakni dikendalikan langsung oleh sekolah.

‘’OSIS terlibat, namun, sebatas membantu, tidak semua kegiatan diserahkan kepada organisasi tersebut, “ terangnya.

Sejauh ini, materi pengenalan siswa terhadap lingkungan sekolah juga dianggap sudah mengena, tanpa diserta idengan kegiatan tidak masuk akal yang selama ini identik dengan pelaksanaan pengenalan lingkungan sebelumnya.

“Siswa langsung dikenalkan lingkungan sekolah, dan diajak berkeliling diseluruh sudut sekolah yang ada,” tambahnya.

Untuk memastikan pelaksanaan sesuai aturan, lanjut Suwito, petugas monitoring Dewan Pendidikan tidak hanya mendapatkan informasi dari panitia PLS, namun, juga bertanya langsung pada siswa baru secara acak.

Anis Afandi Kepala SMAN 2 Tuban, mengungkapkan, kegiatan PLS di sekolahnya sudah dilaksanakan sesuai intruksi Mendikbud. Pihaknya juga memastikan tidak ada kegiatan yang tidak mendidik dalam kegiatan PLS selama berlangsung hingga 20 Juli besok.

‘’Semua yang diamanatkan Permendikbud terkait PLS sudah kami laksanakan. surat izin dari orang tua siswa untuk PLS juga ada,’’ katanya. (kim)

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.