Dinas KP Tidak Lagi Berikan Sembako Pada Nelayan

PERAHU 2 014kotatuban.com – Dinas Kelautan dan Perikanan (KP) Kabupaten Tuban memastikan mulai tahun ini tidak memberikan bantuan kebutuhan bahan pokok kepada nelayan, seperti pada tahun-tahun sebelumnya saat cuaca sedang buruk.
Hal tersebut disampaiakan Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Tuban, Sunarto, Kamis (29/01), saat ditemui kotatuban.com di ruang kerjanya. Menurutnya, saat ini untuk memberikan bantuan berupa sembako kepada para nelayan menjadi wewenang Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).
”Kalau tahun-tahun sebelumnya, saat cuaca lagi eksterm atau ombak besar biasanya para nelayan itu dapat sembako dari kita. Tapi untuk tahun ini, penyaluran sembako itu menjadi wewenang BPBD,” terang Sunarto.
Sementara itu, Kepala BPBD Tuban, Joko Ludiono saat dikonfirmasi terkait bantuan sembako mengatakan, bantuan semabako tersebut bisa diterima nelayan apabila bupati resmi menyatakan tanggap darurat bencana terhadap cuaca buruk bagi nelayan. Setelah itu, baru bantuan sembako kepada keluarga nelayan baru bisa dikeluarkan.
”Untuk cuaca saat ini belum masuk tanggap darurat bencana. Walaupun sebagian nelayan sudah tak melaut. Karena itung-itungannya dikatakan tanggap darurat bencana itu jika gelombang air laut mencapai 4 meter lebih,” ujar mantan Camat Grabagan tersebut. (duc)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.