Dipugar, Patung Letda Soecipto Telan Dana Rp250 Juta

kotatuban.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban melakukan pemugaran terhadap patung Letda Soecipto. Pemugaran patung yang berada di depan gedung DPRD Tuban menelan dana Rp250 juta yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Tuban tahun 2017.
Pantauan kotatuban.com dilapangan, perbaikan patung Letda Sucipto tersebut telah dimulai mengerjaannya dari beberapa hari yang lalu. Kondisi patung saat ini sudah diberi pembatas dari seng agar tidak mengganggu arus lalu lintas di perempatan tersebut.
Kabag Humas Pemkab Tuban, Rohman Ubaid saat dikonfirmasi mengatakan, pemugaran patung Letda sucipto tersebut untuk memperindah kondisi patung. Pemugaran tersebut mulai dari pondasi dan juga pertamanan yang ada di dasar patung akan diperbarui.
”Selama ini kondisi pondasi patung semakin lama semakin tenggelam akibat dari perbaikan dan peninggian jalan, sehingga patung itu semakin lama semakin rendah. Sehingga, perlu diadakan pemugaran patung,” jelas Rohman Ubaid, Sabtu (10/09).
Menurutnya, secara keseluruhan pada bagian bawah patung nantinya akan di tata ulang. Mulai dari taman disekeliling patung dan juga air mancur. Selain pertamanan keberadaan air mancur di sekitar patung juga menjadi prioritas perbaikan.
”Hal itu untuk memperindah patung tersebut. Sehingga, akan enak dipandang mata,” ungkapnya.
Selain itu, warna dari patung Letda Soecipto yang semakin memudar akibat terkena panas matahari dan juga hujan. Sehingga, perlu adanya pengecatan ulang supaya terlihat lebih bagus dan indah.
”Mulai dari Pondasi, taman, air mancur, serta warna patung yang akan di cat kembali karena sudah kusam biar lebih indah lagi,” tambahnya.
Kondisi air mancur juga perlu diperhatikan untuk memperindah keberadaan patung, sehingga nantinya akan ditata ulang. Sehingga lebih efektif supaya bisa mengalir dengan baik. Dalam perbaikan tersebut kondisi patung akan tetap seperti semula, tidak ada perubahan secara signifikan. Hanya sebatas perbaikan di pondasi dan pertamanan di sekitar area patung, serta warna pada patung.
”Proses perbaikannya ini tidak akan merubah bentuk, posisi dan ketinggian patung. Dari keseluruhan perbaikan patung ini dianggarkan sebesar Rp250 juta,” pungkasnya. (duc)
Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban