Distribusi Logistik Pilpres Hampir Tuntas

Sumber foto : www.rimanews.com
Sumber foto : www.rimanews.com

kotatuban.com– Logistik surat suara untuk Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden 9 Juli 2014 mendatang, mulai didistribusikan hari ini Rabu (25/6). Sebanyak 474 box berisi 947.743 lembar surat suara  itu, didistribusikan menggunakan dua kendaraan, yang dikawal ketat petugas kepolisian bersenjata lengkap. Hal tersebut merupakan standar prosedur pengamanan surat suara guna  mengantisipasi kerawanan terhadap surat suara.

Beberapa kecamatan, terutama yang paling jauh dari pusat kota, mendapatkan prioritas pengiriman terlebih dahulu.

“Kami distribusikan hari ini, mudah-mudahan sore nanti sudah menjangkau seluruh PPK di kabupaten Tuban,” ujar Nur Hakim, Komisioner KPU Tuban, Divisi Logistik.

Menurut Nur Hakim, dengan didistribusikanya surat suara hari ini, 99 persen distribusi logistik telah tuntas, satu persen sisanya tinggal menunggu sebagian formulir C dan sampul yang belum datang dari pusat.

“Sudah 99 persen distribusi kita, karena hanya sebagian fom C sama sampul saja yang belum,” kata Hakim.

Setelah distribusi hari ini, lanjut Nur Hakim, proses sortir dan lipat direncanakan dilakukan oleh masing-masing PPK. Bilamana ada surat suara rusah, kurang, atau lebih, PPK bisa segera lapor ke KPU untuk mendapatkan penanganan penggantian.
“Hari ini surat suara kami kirimkan, selanjutnya  kami minta kiriman laporan kerusakan dari PPK secepatnya, agar itu bisa langsung kami laporkan kepusat,” lanjut Nur Hakim.

Sementara terkait jumlah anggaram pelipatan yang minim yakni sebesar Rp.50 per lembar, Nur Hakim mengaku semua sudah disepakati oleh masing-masimg PPK, dan jumlah itu sudah tidak dipermasalahkan lagi, meski rapat sebelumnya ada sejumlah PPK yang keberatan dengan anggaran Rp.50,- karena dinilai sangat minim.

“Kami pikir semua sudah sepakat dan memahami, setelah kami jelaskan pelipatan surat suara pilpres ini, tidak serumit surat suara pileg sebelumnya,” imbuh Hakim.

Sementara itu, ketua KPU Tuban, Kasmuri, menjelaskan secara umum proses distribusi logistik untuk Pilpres di Tuban berjalan lancar. Di sisi lain, terkait penataan organisasi, KPU Tuban juga sudah melakukan penggantian terhadap anggota PPK yang mengundurkan diri. (kim)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.