Ditemukan Goa Kristal di Dasar Tambang Kapur

kotatuban.com-Kabupaten Tuban yang disebut sebagai kota seribu goa rupanya bukan hanya isapan jempol belaka. Terbukti, baru-baru ini sebuag goa ditemukan di dasar lahan tambang kapur di Dusun Mahbeser, Desa Tuwiri Wetan, Kecamatan Merakurak, Tuban.

Goa dengan stalaktit dan stalakmit menyerupai kristal tersebut ditemukan oleh salah satu operator alat berat yang sedang melakukan pengurukan material tambang kapur. Saat itu, operator tambang menemukan ruang hampa yang ternyata adalah goa.

“Sebenarnya sudah cukup lama ditemukan, oleh operator alat berat, namun, baru-baru ini banyak yang lihat ke sini setelah di unggah di media sosial,” ujar Purwanto, warga desa setempat, Selasa (5/5).

Dalam lorong goa yang tidak terlalu besar itu nampak endapan sisa tetesan air yang membentu stalaktit dan stalakmit berwarna putih bening seperti kristal yang indah. Sayangnya karena aktifitas tambang, sebagian goa telah rusak dan batu kristal juga sudah rusak.

“Sekarang banyak yang ke sini mas penasaran pengen lihat, ini pemilik tambang sepertinya juga tidak akan mengeruk didekat goa,” katanya. (kim)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.