DPRD Sampaikan Rekomendasi LKPJ Bupati

kotatuban.com-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tuban, gelar rapat paripurna penyampaian rekomendasi DPRD atas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Tuban, tahun anggaran 2013. Rekomendasi tersebut merupakan tindak lanjut setelah LKPJ Bupati Tuban disampaikan pada April lalu oleh Bupati Tuban Fathul Huda.

BUpati Tuban Fathul Huda saat memberikan sambutan pada sidang paripurna DPRD Tuban
BUpati Tuban Fathul Huda saat memberikan sambutan pada sidang paripurna DPRD Tuban

Rapat yang digelar di ruang paripurna DPRD Tuban tersebut dihadiri Bupati Tuban, wakil Bupati Tuban,  Sekertaris Daerah beserta jajaran eksekutif,  Wakil Ketua Dewan dan para anggota DPRD Tuban. Rapat dipimpinan Wakil Ketua DPRD, Sa’dun Naim, karena Ketua Dewan Kristiawan tidak hadir.

LKPj tersebut disusun berdasarkan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang merupakan penjabaran kinerja tahunan, dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang disusun, dibahas dan telah disepakati bersama.

Beberapa rekomendasi yang dijabarkan diantaranya mengenai penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pembangunan daerah. Seperti pada lingkungan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), yang hingga ahir tahun anggaran masih banyak pekerjaan rumah yang belum terselesaikan, yakni sebanyak 133 kegiatan.  Selain itu terkait banyaknya laporan warga masyarakat tentang pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), terutama pelayanan yang kurang ramah.

“Pemerintah diminta memberikan bimbingan pelayanan yang baik bagi petugas RSUD agar lebih ramah dalam memberikan pelayanan,” ujar juru bicara Pansus LKPJ, Nurlina, saat membacakan rekomendasi dihadapan seluruh peserta rapat.

Selanjutnya, prioritas belanja daerah diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dasar masyarakat dan infrastruktur, serta mampu mengatasi masalah kemiskinan. Perlunya program untuk meningkatkan kapasitas SDM dan profesionalisme aparatur. Selain itu memaksimalkan pengelolaan aset daerah agar terciptanya penyelenggaraan pembangunan daerah yang efektif, efisien dan berhasil guna serta berdaya guna untuk pembangunan masyarakat yang lebih baik di segala bidang.

Sementara itu, Bupati Tuban Fathul Huda dalam sambutanya mengatakan, rekomendasi dari pihak Legislatif dinilai sangat penting. Untuk itu , pihaknya bersama seluruh jajaran eksekitif akan menjalankan rekomendasi tersebut dengan baik.

“Keberhasilan selama ini tidak lepas dari dukungan seluruh pihak, karena itu kami mengucapkan terimakasih, terhadap pemberi kontribusi sehingga kinerja pemerintah berjalan dengan baik,” kata Bupati Tuban Fathul Huda.

Bupati Tuban menambahkan, yang tidak kalah penting dalam penyampaian LKPj maupun rekomendasi yang disampaikan DPRD, adalah mewujudkan persepsi dan komitmen yang sama dalam membangun daerah.

“Menjalin kerjasama yang baik antara pemerintah dan DPRD sangat penting.  Karena itu akan menjadi modal dasar keberhasilan pembangunan kita, terutama dalam mencapai visi dan misi Kabupaten Tuban. (kim)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.