Dua Parpol Tak Teken MoU Pemilu Damai

Perwakilan Parpol saat membacakan naskah MoU Pemilu Damai
Perwakilan Parpol saat membacakan naskah MoU Pemilu Damai

kotatuban.com-Dari dua belas Parpol peserta Pemilu di Tuban, dua diantaranya ambsen saat deklarasi pemilu damai di aula  Mapolres Tuban, Jumat (14/3). Parpol peserta Pemilu yang absen itu, yakni, Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).  Belum diketahui secara pasti kedua parpol itu tidak mengirimkan perwakilannya untuk menandatangani MoU Pemilu damai itu.

Dengan tidak hadirnya perwakilan kedua Parpol peserta Pemilu menimbulkan berbagai spikulasi. Ada yang menyebut kedua Parpol itu sengaja untuk tidak mengirimkan wakilnya. Namun, ada yang menyatakan, ketidakhadiran kedua Parpol itu karena ada kegiatan.

Menurut Kapolres Tuban AKBP Ucu Kuspriyadi, ada 2 Parpol yang tidak hadir dalam penanatanganan MOU deklarasi pemilu amai. “Yang tidak hadir dari Partai Gerindra dan PBB,” ungkapnya.

Disampaikanya, meski tanpa perwakilan Gerindra dan PBB, kesepakatan damai yang dibuat tetap berlaku untuk seluruh parpol peserta pemilu. Pihaknya akan berusaha menghubungi kedua Parpol dan mengkonfirmasi kesediannya mendukung deklarasi kesepakatan damai.

“Mungkin mereka ada kegiatan internal, jadi tidak dapat hadir disini. Nanti tetep akan kami konfirmasi, kami akan coba jemput bola menghubungi mereka (Gerindra dan PBB),” jelasnya.

Deklarasi sendiri bertujuan, menciptakan suasana aman, tertib, lancar, dan kondusif selama tahapan Pemilu hingga akhir, dengan menjunjung tinggi demokrasi dan persatuan. Tanpa terkecuali, kami minta agar menjaga ketertiban dan keamanan selama Pemilu agar kita dapat Pemilu yang jujur dan adil,” imbuh Kapolres.

Seperti diberitakan sebelumnya, deklarasi kesepakatan damai tersebut dihadiri  Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Kabupaten Tuban. Diantaranya Bupati Tuban, Ketua DPRD, Ketua KPUD Tuban, Ketua Panwaslu Tuban, Komandan Kodim, Kajari, dan Ketua Pengadilan Negeri (PN) Tuban, serta jajaran kepolisian Polres Tuban. (kim)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.