Duh,… Joroknya Toilet Rest Area

Pintu toilet rest area Tuban, rusak dan jorok.
Pintu toilet rest area Tuban, rusak dan jorok.

kotatuban.com– Meski baru, kondisi toilet di Rest Area Tuban yang kondisinya jorok dinilai sangat tidak nyaman oleh para pengunjung. Padahal, rest area yang baru beberapa bulan lalu diperkenalkan ke public, diharapkan dapat menjadi ikon baru pariwisata di Tuban. Grand openingnya sendiri direncanakan dilakukan pada pertengahan September tahun ini.
Pantauan kotatuban.com di lokasi, toilet umum yang bersebelahan dengan Mushola tersebut telah rusak, sejumlah pintu tidak dapat di tutup, air tidak mengalir, selain itu sampah juga berserakan di sudut-sudut toilet. Yang lebih parah, sejumlah kloset yang bekas digunakan juga tidak disiram sehingga menimbulkan bau yang menyengat. “Komplet sudah penderitaan”, kata seorang pengunjung yang tidak mau namanya dipublikasikan.

Menurut pengunjung yang mengaku dari Montong tersebut, kondisi toilet rest area memang menyedihkan. Sebab, selain airnya mampet, baunya menyengat akibat kotoran tidak disiram, beberapa pintu toilet juga terlihat rusak sehingga tidak bisa ditutup. Kondisi ini tentu akan membuat pengunjung berpikir lima kali jika ingin menggunakan toilet.

“Jorok mas, padahal ini mestinya belum di pakai, kok pintu toilet juga sudah pada rusak, penjaga kebersihan saja sepertinya juga gak ada,” katanya.

Menanggapi hal tersebut, Kabid Perdagangan, Dinas Perekonomian dan Pariwisata, Kabupaten Tuban, Imron Achmadi, yang kebetulan juga berada di Rest Area, mengungkapan jika kondisi toilet tersebut sebenarnya belum dapat dipakai, karena grand opening Rest Area baru akan dilaksanakan September mendatang.

Imron menduga, toilet tersebut dibuka paksa oleh orang tidak bertanggung jawab yang kemudian menggunakan tempat tersebut. “Mesttinya toilet itu belum dibuka, jika sudah digunakan kemungkinan dibuka paksa itu,” terang Imron.

Imron mengaku, pihaknya akan mengutus orang untuk segera membersihkan dan memperbaiki toilet yang rusak, sebelum dilaksanakan grand opening. Selanjutnya, untuk menjaga kebersihan toilet tersebut akan disewakelolakan agar ada yang bertanggungjawab terhadap kebersihannya.

“Kita akan segera membersihkan, kemudian saat rest area ini dibuka, akan kita sewa kelolakan itu. Saat ini sedang proses agar ada yang bertanggungjawab disana. Namun demikian kita juga akan tetap memantau agar tarif yang diterapkan tidak memberatkan,” terang Imron.

Untuk diketahui, Rest Area Tuban rencananya akan dibuka dan diresmikan pada pertengahan September mendatang oleh Bupati Tuban. Seluruh perlengkapan berupa kios-kios pedagang saat ini tengah mendapatkan perawatan dari sejumlah pekerja, termasuk pemasangan sejumlah instalasi listrik dan air bersih. (kim)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.