Forikan Tuban Sabet Juara I di Gemarikan Jatim

ikan1kotatuban.com– Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Tuban meraih juara pertama dalam lomba masak ikan, kategori menu balita se Jawa Timur. Lomba yang diadakan dalam acara gebyar Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) 2014, di Graha Institut Tekhnologi Sepuluh Nopember Surabaya, Rabu (26/11).

Piala dan hadiah langsung diberikan Ketua Forikan Provinsi Jawa Timur, Hj. Nina Soekarwo kepada Ketua Forikan Tuban, Hj. Qodiriyah Fathul Huda. Kabupaten Tuban berhasil menyisihkan 37 kabupaten/kota lainnya se-Provinsi Jawa Timur.

Makan ikan, menurut Ketua Forikan Propinsi Jawa Timur, sangat bermanfaat. Sebab, ikan banyak mengandung protein, Vit-A dan Omega-3 yang amat berguna untuk kecerdasan otak anak. Karena itu, banyak makan ikan penting untuk dilakukan, bahkan oleh ibu yang sedang hamil demi perkembangan otak calon bayinya.

Menurut wanita yang kerap disapa Bude Karwo ini, angka peningkatan konsumsi ikan di Jatim menunjukkan perkembangan yang luar biasa. Sebelum terbentuk Forikan di Jatim, konsumsi masyarakat hanya 16 kg/ kapita/ tahun. Sekarang sudah 23 kg/kapita/tahun.

“Ini perkembangan yang baik, meski, masih di bawah nasional,” terang Bude Karwo.

Dalam kategori ini Kabupaten Tuban bersaing ketat dengan Kabupaten Lamongan, peringkat dua, Kabupaten Blitar, peringkat tiga. Sementara, Kota Blitar peringkat harapan satu dan Kabupaten Nganjuk peringkat harapan dua. (*)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.