Golput di Tuban Semakin Meningkat

Warga masyaralat saat memilih dalam Pileg 2014 lalu
Warga masyaralat saat memilih dalam Pileg 2014 lalu

kotatuban.com – Pada Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden 2014 yang dilaksanakan pada 9 Juli lalu tingkat masyarakat yang tidak menggunakan hak pilihnya alias golongan putih (Golput) di Kabupaten Tuban meningkat, jika dibandingkan dengan Pemilu Legislatif (Pileg) sebelumnya..

Pada Pilpres 2014 ini angka golput di Tuban naik sebesar 4 persen jika dibandingkan dengan Pileg. Untuk Pileg tingkat partisipasi masyarakat Tuban sebesar 74 persen. Sehingga, angka golput atau tidak menggunakan hak pilihnya sebesar 26 persen. Sedangkan, pada Pilpres 2014 ini angka golput sebesar 30 persen. Sehingga, pemilih yang menggunakan hak pilihnya sebesar 70 persen.

”Kami juga sudah bekerja secara maksimal untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya. Mulai dari sosialisasi pada pemilih pemula, sosialisasi ditempat keramaian, dan berbagai upaya yang lainnya,” terang Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Pengembangan Organisasi KPU Tuban, Yayuk Dwi Agus Sulistyorini saat dikonfirmasii kotatuban.com, Sabtu (19/07).

Menurutnya, ada beberapa faktor yang mengakibatkan angka golput tersebut bertambah, antara lain kejenuhan masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya. Seperti pada pemilihan gubernur, pemilihan anggota legislatif, dan pemilihan presiden. ”Jaraknya, antara pemilihan yang satu dengan yang lain berdekatan sehingga masyarakat itu mengalami kejenuhan,” ungkapnya.

Diketahui, daftar pemilih di Kabupaten Tuban untuk Pilpres pada tahun 2014 ini sebanyak 931.221 pemilih. Sedangkan, daftar pemilih yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 648.845 pemilih. Untuk  DPT Pileg sebanyak 922.858 pemilih. Sedangkan, untuk jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pilpres sebanyak 2.082. Jumlah tersebut tersebar di 328 desa 20 kecamatan se Kabupaten Tuban. (duc)

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.